Presiden Jokowi Minta Kementerian Percepat Belanja Modal

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 14:48 WIB
Presiden Jokowi Minta Kementerian Percepat Belanja Modal Presiden Jokowi meminta percepatan pencairan belanja modal di awal tahun. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kesekian kalinya meminta kementerian/lembaga (K/L) untuk mempercepat belanja pada awal tahun ini, khususnya belanja modal.

Hal itu Jokowi sampaikan saat membuka Sidang Kabinet Paripurna 'Penetapan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Menengah) 2020-2024', di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/1).

"Sebelumnya saya ingin kembali lagi menyampaikan, mengingatkan kepada seluruh kementerian/lembaga agar belanja di bulan-bulan awal ini dipercepat. Terutama yang berkaitan dengan anggaran-anggaran modal, belanja-belanja modal," kata Jokowi.


Jokowi menyampaikan agar para menteri dan kepala lembaga mengingatkan kepada semua pejabat eselon I, II, III, sampai IV untuk segera menyelesaikan yang berkaitan dengan petunjuk teknis pengadaan.

"Diingatkan ke semua eselon I, II, III, dan IV agar hal-hal yang berkaitan mungkin dengan juknis (petunjuk teknis) dan lain-lain agar segera diselesaikan," ujarnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan dalam Sidang Kabinet Paripurna pertama di tahun ini akan mengesahkan RPJMN 2020-2024. Pembahasan soal rancangan pembangunan lima tahunan itu akan dilakukan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.
 
Sebagai informasi, pemerintah mengalokasikan belanja Rp2.540,4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Sekitar Rp909,6 triliun di antaranya merupakan belanja K/L.

[Gambas:Video CNN] (sfr)