AP I Akan Buka Penerbangan China-Solo di Bandara Adi Soemarmo

CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 12:33 WIB
Angkasa Pura I akan membuka penerbangan rute China-Solo di Bandara Adi Soemarmo. Bandara Adi Soemarmo akan membuka penerbangan rute China- Solo. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho).
Solo, CNN Indonesia -- Bandara Internasional Adi Soemarmo bakal menambah rute penerbangan internasional pada tahun ini. Rute baru itu akan dilayani penerbangan langsung dengan China-Solo.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman mengatakan setidaknya ada empat rute penerbangan yang akan dibuka hingga Februari nanti dari beberapa kota berbeda.

"Untuk saat ini yang sudah pasti baru Lion Air dengan rute Hainan-Solo," katanya, Selasa (7/1).


Rute penerbangan itu, lanjut Usman, akan menggunakan sistem carter. Artinya, penerbangan hanya dilayani jika ada permintaan. Penerbangan tersebut menyasar warga China yang ingin berwisata ke Pulau Jawa.

Usman mengatakan pihaknya akan memantau volume permintaan selama satu tahun. Jika memungkinkan, penerbangan itu akan dilayani secara reguler.

"Nanti kita lihat pasar apakah bisa reguler atau tidak," katanya.

Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo saat ini tengah negosiasi dengan Citilink terkait tiga penerbangan lain. Rencananya tiga rute baru itu dibuka Februari mendatang dengan kota tujuan yang berbeda.

"Tapi kota tujuannya di mana masih kita bahas lebih lanjut dengan Citilink," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Saat ini, baru ada satu penerbangan langsung dari China dengan rute Kunming-Solo seminggu sekali dengan sistem carter. Rute itu dibuka untuk melayani wisatawan dari China yang didatangkan melalui program kerja sama Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Solo dengan beberapa travel agent di Kunming.

Menurut Usman, penerbangan itu sudah berjalan dengan baik sejak dibuka beberapa bulan yang lalu. Penerbangan Kunming-Solo berpotensi dilayani secara reguler.

"Kalau total penerbangan internasional di sini baru 18 dari 66 total penerbangan yang kita layani. Sisanya 48 penerbangan domestik," katanya.

(syd/agt)