JICA Siap Danai Proyek MRT Lagi

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 10:32 WIB
JICA Siap Danai Proyek MRT Lagi Proyek MRT. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Perwakilan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) Yamanaka Shinichi menyatakan bahwa lembaganya siap menggelontorkan dana untuk investasi lanjutan proyek Mass Rapit Transit (MRT). Kesiapan tersebut ia sampaikan saat meninjau MRT di Halte Bundaran HI pada Jumat (10/01).

"Jika kami mendapatkan permintaan dari pemerintah Indonesia, kami siap untuk mempertimbangkan untuk bekerja sama di kota lain," sebut Yamanaka.

Dia menyatakan kesiapan disampaikan karena proyek MRT di Indonesia yang dilaksanakan Jepang cukup sukses.  Meski tak dapat menyebutkan angka persis namun dirinya mengungkapkan bahwa dibandingkan negara ASEAN lainnya, Indonesia adalah negara dengan tingkat pengembalian modal return rate yang tinggi.


Sementara itu Direktur Utama PT MRT William Sabandar mengatakan bahwa pelaksanaan proyek MRT Fase II (SP 201) saat ini mulia berjalan dengan penyelesaian proses lelang.

Dengan proses tersebut diharapkan MRT rute  Bundaran HI - Harmoni bisa dimulai pada Maret ini.

Dirinya juga mengatakan bahwa nantinya MRT yang dibangun akan menjadi disatukan dengan sebuah sistem integrasi yang menghubungkan kereta api dan commuter line lainnya.

Ada pun tahapan lainnya yaitu CP202 dan CP203 sedang dalam proses lelang dan akan diumumkan pada tahun ini.


[Gambas:Video CNN] (well/agt)