Pangeran MBZ Minta Investasi di Pulau, Luhut Tawarkan Mori

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 10:21 WIB
Pangeran MBZ Minta Investasi di Pulau, Luhut Tawarkan Mori Putra Mahkota MBZ menginginkan investasi di pulau di Indonesia. Melalui Menko Luhut, RI menawarkan Pulau Mori. (Dok. Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) menyatakan keinginannya untuk berinvestasi di sebuah pulau di Indonesia. Keinginan tersebut disampaikan dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan menteri ke Uni Emirat Arab (UEA).

Mendengar keinginan MBZ tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku menawarkan Pulau Mori di Sulawesi Tengah.

"Tadi, Crown Prince minta dicarikan satu pulau yang udaranya agak dingin. Pantainya bagus. Ia betul-betul mau investasi di situ, tadi kami tawarkan Tanah Mori untuk masuk ke arah itu nanti dipersiapkan," ujarnya, seperti dilansir Antara, Senin (13/1).

Tanah Mori merupakan suatu wilayah di Morowali, Sulawesi Tengah, yang masih sangat alami. Tanah Mori dinilai sesuai dengan keinginan Putra Mahkota MBZ untuk investasi pariwisata.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, kata Luhut, akan ditindaklanjuti dengan persiapan untuk menjadikan wilayah itu ramah bagi investasi, termasuk untuk UEA.

Luhut mengatakan Putra Mahkota MBZ menyampaikan keinginannya untuk banyak terlibat dalam berbagai macam investasi di Indonesia.

Dari perspektif investasi, UEA juga mendorong Indonesia untuk melakukan pembahasan intensif dalam rangka pembentukan Indonesia Sovereign Wealth Fund (SWF) atau dana abadi.

Sebelumnya, Jokowi menyebut telah menandatangani lima perjanjian dengan UEA. Perjanjian itu, antara lain terkait keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Selain itu, disepakati juga 11 perjanjian investasi bernilai US$22,8 miliar atau Rp314,9 triliun di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset.
[Gambas:Video CNN]


(Antara/bir)