FOTO: Warung Eretan di Tengah Kota Metropolitan

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Minggu, 19/01/2020 10:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah kesibukan ibu kota, terselip aktivitas warung eretan di antara gedung pencakar langit.

Begitulah suasana setiap jam istirahat di tepi Kali Mampang tepatnya di Kampung Kabelan, Mampang, Jakarta Selatan. Persis di belakang Hotel Four Season, sederet warung berjualan melintasi sungai. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Selagi pesanan diracik, para pekerja pria mengistirahatkan tubuh yang lelah. Sedangkan pekerja wanita, sekadar berbincang dengan rekannya. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Begitulah suasana setiap jam istirahat di tepi Kali Mampang tepatnya di Kampung Kabelan, Mampang, Jakarta Selatan. Persis dibelakang Hotel Four Season sederet warung berjualan melintasi sungai. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Enam warung eretan yang dikelola warga Kebalen ini sudah ada sejak 3 tahun lalu. Sebelumnya merupakan warung biasa yang ramai dikunjungi pembeli karena adanya jembatan penghubung Kali Mampang. Menggunakan tali tambang dan ember untuk mengantarkan makanan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Kini para pedagang menggunakan tali tambang itu terbentang dari jembatan menuju warungnya di Kampung Kebalen, Jalan Poncol, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Beragam makanan, minuman dan rokok dijual di warung yang lebih dikenal dengan
Bukan tanpa resiko berjualan seperti ini, suatu hari ember eretan pernah terjatuh kesungai bersama nasi bungkus dan uang kembalian para pembeli. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Duka lainnya, saat ada pembeli yang lupa memasukkan uangnya ke dalam ember setelah memesan makanan. Musim penghujan ini juga membuat penjualan sedikit terhambat. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Pembelinya kebanyakan pelanggan lama yang bekerja di hotel dan gedung perkantoran sekitar, atau orang yang kebetulan berkunjung ke hotel dan gedung perkantoran. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).


ARTIKEL TERKAIT