Poles Labuan Bajo, Jokowi Janjikan Pendapatan Tinggi ke Warga

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 07:37 WIB
Poles Labuan Bajo, Jokowi Janjikan Pendapatan Tinggi ke Warga Jokowi janjikan peningkatan pendapatan tinggi bagi warga Labuan Bajo. (Biro Istana Kepresidenan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pendapatan masyarakat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa meningkat bila pengembangan kawasan wisata di daerah tersebut dilakukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium mulai tahun ini.

Hal ini disampaikan kepala negara saat berkunjung ke Labuan Bajo pada Selasa (21/1). Pada pertemuan itu, Jokowi menyempatkan diri bertemu dengan masyarakat setempat sekaligus menyerahkan sekitar 2.500 sertifikat tanah.

Menurut Jokowi, pengembangan Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium akan memacu penciptaan lapangan kerja dan permintaan akan produk lokal. Hal ini kemudian membuat sektor wisata menjadi pendongrak ekonomi lokal hingga nasional.


"Kalau turis semakin banyak ke sini, belanja banyak di sini, seperti tadi disampaikan Pak Bupati Manggarai Barat (Agustinus Ch Dula), pendapatan asli daerah meningkat sampai 1.000 persen, sepuluh kali lipat (dari sebelumnya)," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta masyarakat setempat agar bisa membantu pemerintah mengembangkan industri wisata di Labuan Bajo. Pemerintah sendiri telah menyiapkan beberapa kebijakan, misalnya menambah infrastruktur guna meningkatkan akses.

"Airport-nya, mulai tahun ini, landasannya akan diperpanjang, terminal tunggu juga akan diperbesar dan diperbaiki," katanya.

Kemudian, orang nomor wahid di Indonesia itu mengatakan pemerintah juga akan mempercepat pembangunan jalan dan trotoar. Lalu, meningkatkan ketersediaan air baku hingga membangun pengolahan sampah yang terintegrasi, baik sampah darat maupun laut.

"Nanti dilihat akhir tahun ini perubahan di Labuan Bajo ada atau tidak," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Jokowi meminta masyarakat setempat juga menambah keramahan kepada wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Menurutnya hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan citra pariwisata Tanah Air.

"Tetapi saya minta, terutama yang berada di sekitar Labuan Bajo, semuanya harus siap. Ramah kepada wisatawan dan tidak buang sampah sembarangan," ungkapnya.

Dalam kunjungan kerja ini, mantan gubernur DKI Jakarta itu ditemani oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno beserta Ibu Siti Faridah Pratikno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kemudian, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Surya Tjandra, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula, dan Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.



(uli/agt)