Prancis Prioritaskan Investasi di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 23:25 WIB
Prancis Prioritaskan Investasi di Indonesia Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyebut Indonesia sebagai negara prioritas investasi. (CNN Indonesia/Hamka Winovan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Prancis menjadikan Indonesia sebagai negara prioritas investasi. Pasalnya, Indonesia memiliki pasar yang besar dan merupakan salah satu mitra strategis Prancis di kawasan Indo-Pasifik.

"Bukan berarti kami mengabaikan pasar lain, tetapi Indonesia benar-benar prioritas bagi kami," ujar Duta Besar Prancis untuk Indonesia Oliver Chambard kepada CNNIndonesia.com belum lama ini.

Saat ini, sambung Chambard, lebih dari 200 perusahaan Prancis yang beroperasi di Indonesia. Bagi Prancis, hubungan kedua negara tidak hanya sebatas perdagangan tetapi juga kerja sama transfer teknologi.


"Banyak perusahaan Prancis yang beroperasi di sini tidak hanya menjual produk tetapi juga membangun, menciptakan produk di sini, di Indonesia untuk pasar Indoneisa atau bahkan pasar ekspor di Asia Tenggara," jelasnya.

Chambard juga menjelaskan alasan negara-negara Uni Eropa banyak menempatkan investasinya di negara tetangga.

Di Singapura, misalnya, penempatan investasi tak lepas dari peringkat kemudahan bisnis yang tinggi. Namun, ia mengingatkan investasi yang ditempatkan di Singapura terkadang bertujuan untuk menjangkau pasar negara lain, seperti Indonesia.

Menurut Chambard, Indonesia bukanlah pasar yang mudah dengan berbagai regulasi yang terkadang sedikit menyulitkan. Namun, Chambard mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia untuk melakukan reformasi demi meningkatkan penanaman modal asing.

Salah satunya melalui penyusunan omnibus law yang bertujuan untuk memudahkan investasi. Sebagai catatan, omnibus law merupakan undang-undang yang mengatur sejumlah hal yang keberadaannya dapat merevisi beberapa undang-undang secara bersamaan.

"Omnibus law yang sekarang tengah dibahas di DPR mungkin akan menjadi insentif yang sangat baik," ujarnya.

Ke depan, pemerintah Prancis dan Indonesia akan memperat kerja sama untuk mengenalkan lebih banyak investor dan perusahaan Prancis. Hal sama juga dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Prancis yang gencar mempromosikan Indonesia di Prancis.

"Dalam beberapa minggu ke depan akan ada delegasi dari perusahaan Prancis yang akan datang ke Indonesia," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi Prancis di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

[Gambas:Video CNN]

Sepanjang Januari-September 2019, realisasi investasi Prancis menempati peringkat ke-15 dengan nilai US$150,47 juta dari 524 proyek.

Realisasi tersebut melonjak hampir lima kali lipat dari periode yang sama tahun sebelumnya di mana Prancis menduduki peringkat ke-27 dengan nilai US$36,49 juta dari 330 proyek.

(rds/sfr)