Modali Anak Usaha, BRI Siapkan Rp5 T

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 08:09 WIB
Modali Anak Usaha, BRI Siapkan Rp5 T BRI siapkan Rp5 triliun untuk modali anak usaha. (www.ir-bri.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyiapkan suntikan modal sebesar Rp5 triliun kepada entitas anak usaha pada 2020. Injeksi modal tersebut akan digunakan untuk memperkuat permodalan anak usaha.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan perseroan secara rutin menyiapkan suntikan modal kepada anak usahanya. Saat ini, bank pelat merah itu tercatat memiliki beberapa anak usaha yakni PT BRI Syariah, PT Bank BRI Agroniaga atau BRI Agro, PT BRI Multifinance, PT BRI Ventura Investama, dan PT Asuransi BRI Life.

"Kami setiap tahun mencadangkan lebih dari Rp5 triliun untuk aksi korporasi dalam artian menambah modal perusahaan anak untuk memperkuat dan menyehatkan anak usaha," katanya, Kamis (23/1).


Sunarso menegaskan BRI tidak akan melakukan ekspansi anorganik pada 2020 ini. Tahun lalu, perseroan baru saja membeli 90 persen saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS).

BRINS merupakan perusahaan asuransi umum. Untuk melancarkan akuisisi itu, BRI mengucurkan dana sebesar Rp1,04 triliun.

"Tahun ini kami belum ada rencana aksi korporasi akuisisi," imbuhnya.

Senada, Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo menuturkan lewat akuisisi BRINS, BRI telah memiliki hampir semua unit usaha pada jasa keuangan, baik dari perbankan, asuransi umum, hingga asuransi jiwa.

"Kami hanya akan tambah modal beberapa perusahaan anak yang ada, jadi belum ada rencana akuisisi," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]


(ulf/agt)