Temui Ma'ruf Amin, Arab Saudi Lirik Investasi Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 13:45 WIB
Temui Ma'ruf Amin, Arab Saudi Lirik Investasi Ibu Kota Baru Dubes Arab Saudi untuk Indonesia menyebut pemerintahannya tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi menyebut pemerintah Arab Saudi tertarik untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal itu ia utarakan usai bertemu Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (27/1).

Essam menyatakan rencana investasi di IKN akan dibahas usai pembentukan Dewan Konsultasi Tingkat Tinggi dibentuk. Usai dibentuk, ia memastikan pertemuan perdana akan langsung membahas investasi Arab Saudi di IKN baru.

"Jadi majelis tinggi yang tadi akan dibentuk akan melakukan pertemuan pertamanya dalam waktu dekat dan investasi adlh highlight, salah satu prioritas utama yg termasuk di antaranya adalah investasi di ibu kota baru yang akan dibahas oleh majelis tersebut dalam pertemuan pertamanya nanti," kata Essam.


Essam sendiri masih enggan untuk menyebut jenis investasi yang ingin ditanam Arab Saudi di IKN baru. Essam hanya menyatakan investasi itu tak hanya menguntungkan satu pihak semata. Justru sebaliknya, kerjasama itu bersifat dua arah dan saling menguntungkan kedua negara.

Ia juga menyatakan turut mengundang pemerintah ataupun perusahaan asal Indonesia untuk berinvestasi di proyek-proyek besar yang sedang digarap Arab Saudi.

"Kami dalam berbagai proyek besar yang kami punya di Saudi Arabia kami juga akan mengundang partisipasi atau investasi dari perusahaan-perusahaan besar Indonesia juga," kata dia.

Selain itu, Essam menyatakan pihaknya turut menyampaikan mengenai presidensi Arab Saudi pada pertemuan negara-negara yang tergabung dalam forum G20 pada bulan November 2020 mendatang.

Ia menyatakan pihaknya telah mendapatkan komitmen dari pemerintah Indonesia guna bekerjasama dengan Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan kedua negara dalam forum tersebut.

"Dan kedua belah pihak sepakat berkomitmen untuk bekerja keras dalam waktu dekat ini untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara sehingga kita upayakan agar hubungan Indonesia- Saudi ini menjadi sebuah hubungan bilateral yang bisa dicontoh oleh hubungan bilateral antara negara lainnya," kata dia.

[Gambas:Video CNN]


(rzr/age)