Cegah Penyebaran Virus Corona, Kementan Perketat Impor Buah

CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 14:27 WIB
Cegah Penyebaran Virus Corona, Kementan Perketat Impor Buah Pemerintah memperketat pintu masuk impor pangan, termasuk buah-buahan, demi mencegah penyebaran virus corona. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengaku memperketat pintu masuk untuk impor beberapa jenis makanan, termasuk buah-buahan. Upaya pengetatan dilakukan melalui penerapan biosecurity terhadap komoditas impor untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

"Pengetatan pintu masuk kita terhadap impor yang tentu saja dalam antisipasi terhadap daerah atau negara tertentu yang kemungkinan terkontaminasi (Virus Corona)," ujarnya, di sela-sela Rapat Kerja Nasional Kementerian Pertanian, Senin (27/1).

Sampai saat ini, ia memastikan belum ada data yang menunjukkan kontaminasi Virus Corona terhadap komoditas impor.

Pada kesempatan yang sama, ia meminta masyarakat untuk tidak bereaksi berlebihan sebab pihaknya telah mengurangi laju impor.

"Sementara impor-impor itu kan hampir dikatakan tidak kami lakukan lagi. Oleh karena itu, kekhawatiran yang berlebihan juga tidak perlu dilakukan," jelas Syahrul.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan isu virus corona tidak berdampak terhadap perdagangan.

Ia juga menegaskan bahwa RI tidak menurunkan kuota ekspor ke China melihat potensi penyerapan yang besar. "Negara China sangat besar, 1,7 miliar penduduk, potensinya besar sekali," imbuh dia.

Ia menambahkan hingga hari ini prosedur penerimaan barang dagang belum berubah. Kalau pun ada perubahan yang mungkin diadopsi, ia bilang nantinya akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Kementerian Kesehatan.

[Gambas:Video CNN]


(wel/bir)