Menperin Sebut Batam akan Jadi Hub Logistik RI-Singapura

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 22:08 WIB
Menperin Sebut Batam akan Jadi Hub Logistik RI-Singapura Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kastasasmita mengungkap Indonesia dan Singapura akan membangun hub logistik di Batam. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kastasasmita mengungkap Indonesia dan Singapura akan membangun hub logistik di Batam.  Pembahasan ini dilakukan saat lawatan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Meski belum dirinci rencana kerja bilateral tersebut, Agus optimistis keberhasilan membangun jaringan logistik ASEAN tersebut.

"Batam akan dijadikan hub logistik antara RI dan Singapura, ini akan berdampak luas ke ASEAN dan wilayah lain," paparnya, Selasa (28/1).


Lebih lanjut, Agus menjelaskan pertemuan dengan Chan Chun Sing juga membahas strategi penguatan ekonomi di kawasan ASEAN.

"Indonesia dianggap sebagai koordinator dari negara-negara Asean. Tadi Menteri Singapura mengatakan Indonesia jadi contoh, jadi Big Brother," jelas Agus.

Dia menjelaskan salah satu poin kerja sama ialah kelanjutan program vokasi Link and Match. Pemerintah menargetkan 10 ribu tenaga kerja dari Indonesia yang menerima program vokasi tersebut.

Untuk diketahui, pada 2019 RI-Singapura telah mengadakan pelatihan kepada 74 guru SMK dalam bidang pendidikan teknik dan vokasi. Program peningkatan keterampilan teknis ini mencakup bidang teknik mesin, listrik, dan otomasi industri.

Selain itu, pemerintah menawarkan pembangunan pusat Maintenance Repair & Overhaul (MRO) kepada Singapura di Kepulauan Bintan. Agus mengungkap telah menyiapkan lokasi dan ada kesepahaman antara pihak Singapura untuk mengalokasikan operasional MRO dari Clarks di Filipina menjadi Kepulauan Bintan.

"Ini akan kami follow up agar semua operasional MRO dipindahkan ke Pulau Bintan," katanya.

[Gambas:Video CNN] (wel/age)