Erick Thohir Bungkam Soal Solusi Pembayaran Nasabah Jiwasraya

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 20:33 WIB
Erick Thohir Bungkam Soal Solusi Pembayaran Nasabah Jiwasraya Menteri BUMN Erick Thohir menutup rapat-rapat solusi pembayaran dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menutup rapat-rapat solusi pembayaran dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Begitu juga dengan anggota Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR.

Mereka enggan membeberkan langkah yang bakal diambil pemerintah dan Jiwasraya untuk mengembalikan dana nasabah.

"Intinya kalau terlalu detail itu bukan domain semua pihak, yang penting perlindungan nasabah dan langkah solutif untuk nasabah akan dilakukan," ujarnya, Rabu (29/1).


Erick berdalih Panja Asuransi Jiwasraya Komisi VI DPR masih berlanjut. Kedua pihak baru saja melangsungkan rapat Panja Asuransi Jiwasraya pada Rabu (29/1).

Ia hanya menegaskan anggota dewan satu suara dengan pemerintah yakni memprioritaskan perlindungan nasabah.

"Tentu kami dari Kementerian BUMN sama dengan para wakil rakyat. Presiden dan pemerintah juga sama, yaitu bagaimana kami juga mulai berikan solusi atau langkah awal pada Maret," katanya.

Sebelum rapat berlangsung, Erick menuturkan Jiwasraya ditargetkan mulai mencicil pembayaran tunggakan klaim polis jatuh tempo pada akhir Maret. Akan tetapi, ia tak mau merincikan sumber dana tersebut.

Erick juga tak menyebutkan besaran dana yang disiapkan perseroan.

 "Namanya nasabah tentu perlu ada kepastian nanti akan kami lakukan langkah awal yang konkrit," ucapnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Jiwasraya telah menyiapkan pengembalian tahap awal dana nasabah pada awal Maret. Dana tersebut bersumber dari pembentukan holding asuransi sebesar Rp2 triliun.

Selain itu, pengembalian dana bersumber dari pembentukan anak usaha PT Jiwasraya Putra. Targetnya, Jiwasraya mendapatkan dana sebesar Rp5 triliun dari entitas anak.

[Gambas:Video CNN] (ulf/age)