Wabah Virus Corona Diramal Kerek Harga Bawang Putih di Solo

CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 11:48 WIB
Harga bawang putih diperkirakan naik di Kota Solo. Sebab, impor dari China terganggu di tengah wabah Virus Corona. Harga bawang putih melejit terkena imbas wabah Virus Corona. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Solo, CNN Indonesia -- Dampak Virus Corona yang mewabah di China diprediksi bakal mendongkrak harga bawang putih di Kota Solo. Pasokan bawang putih diketahui seret sejak virus 2019-nCoV itu menyebar ke berbagai penjuru dunia akhir Desember tahun lalu.

Asisten Perekonomian Sekretariat Daerah Surakarta Agus Sutrisno mengatakan pengiriman bawang putih menurun drastis dibanding bulan sebelumnya.

"Desember kemarin kita dapat 16 kontainer. Tapi Januari ini kita tunggu sampai pertengahan bulan ternyata hanya empat yang sampai," katanya, Rabu (29/1).


Bawang putih impor dari China untuk Kota Solo mencapai rata-rata 20 kontainer setiap bulan. Bawang itu dikirim ke Pusat Pergudangan Kota (PPK) Pedaringan untuk kemudian didistribusikan ke pasar-pasar di Kota Solo. Selain Solo, bawang putih dari Pedaringan juga dikirim ke daerah sekitar.

Wakil Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo, Bambang Pramono mengatakan pasokan bawang putih wilayah Solo dan sekitarnya memang sangat tergantung pada impor. Setidaknya 95 persen kebutuhan pasar dipenuhi dari impor. Sebagian besar berasal dari China.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Solo itu mengatakan TPID akan mencari alternatif pemasok lain untuk mengantisipasi dampak virus Corona. Selain itu ia akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah pengiriman bawang putih impor tersebut.

"Kami akan lihat dulu apakah semua daerah terdampak Virus Corona. Mestinya ada yang tidak sehingga kita bisa mencari alternatif pemasok dari daerah lain," kata pria yang juga menjabat

Hingga akhir Januari, harga bawang putih di Kota Solo masih stabil di kisaran Rp 35 Ribu. Namun seretnya pasokan dikhawatirkan akan mendongkrak harga komoditas pangan strategis itu.

[Gambas:Video CNN]

"Secara hukum permintaan sudah jelas. Kalau pasokan menurun pasti harganya naik karena permintaan tidak terpenuhi," katanya.

Hal ini nantinya juga akan berdampak kepada inflasi di Kota Solo. Mengingat bawang putih merupakan salah satu komoditas pangan yang berbobot besar terhadap inflasi.

"Tentunya ini kami cermati terus perkembangannya sambil kita siapkan solusi kalau terjadi kelangkaan," katanya.

(syd/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK