Istana Minta Maskapai Beri Diskon Penerbangan ke Bali

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 18:49 WIB
Istana Minta Maskapai Beri Diskon Penerbangan ke Bali Pemerintah meminta maskapai memberikan diskon untuk tiket penerbangan ke Bali. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah meminta maskapai memberikan diskon khusus penerbangan destinasi Bali, Bintan, dan Sulawesi Utara. Pasalnya, jumlah wisatawan di tiga destinasi wisata itu diklaim turun usai larangan sementara penerbangan dari dan ke China untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

"Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menginstruksikan untuk memberi diskon khusus penerbangan destinasi ke Bali, Bintan, Sulut karena tiga daerah wisata itu relatif ada penurunan," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko usai rapat koordinasi terkait penanganan Virus Corona di kantornya, Jakarta, Kamis (6/2).

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan besaran diskon penerbangan nantinya akan ditentukan oleh masing-masing maskapai. Ia menargetkan besaran diskon penerbangan bisa segera diterapkan pekan ini.


"Ya kalau bisa dalam seminggu ke depan sudah bisa dikeluarkan diskonnya. Pihak maskapai yang lebih tahu (besarannya) karena akan dihitung lagi, kan ada dampak dari penutupan penerbangan dari dan ke China," kata Adita.


Aditia mengatakan tiga wilayah itu menjadi pilihan karena memiliki pintu kedatangan internasional dengan jumlah wisatawan China terbesar. Dengan pemberian diskon penerbangan, kata dia, diharapkan pariwisata di tiga wilayah tersebut tak merosot pasca larangan terbang dari dan ke China.

"Harapannya pariwisata kita tetap bisa bergerak karena ini dampak penundaan penerbangan cukup signifikan. Kita usahakan ini tetap menarik dengan berbagai macam paket dari maskapai. Nanti maskapai yang akan umumkan berapa diskonnya," jelasnya.

Kemenhub memutuskan untuk menunda sementara penerbangan dari dan ke seluruh destinasi China. Penundaan berlaku mulai Rabu, 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Larangan sementara ini juga berlaku bagi bagi maskapai asing yang melakukan penerbangan dari China menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari China.

Sebagai informasi, saat ini tercatat lima maskapai nasional yang mengoperasikan penerbangan ke China yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air dan Sriwijaya Air.

[Gambas:Video CNN]




(pris/sfr)