Kemenkeu Berduka atas Wafatnya Menkeu Orde Baru JB Sumarlin

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 15:50 WIB
Kemenkeu Berduka atas Wafatnya Menkeu Orde Baru JB Sumarlin Kementerian Keuangan berduka atas meninggalnya JB Sumarlin. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Keuangan menyatakan duka atas meninggalnya mantan menteri di lembaga tersebut pada hari ini, JB Sumarlin.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan pihaknya berduka dan kehilangan sosok panutan yang berperan besar pada ekonomi Indonesia pada akhir 1980-an.

"Beliau sangat terkenal dengan Gebrakan Sumarlin berupa Paket Kebijakan Deregulasi di Bidang Moneter, Keuangan dan Perbankan. Kebijakan ini berhasil mengendalikan inflasi saat menjadi Menkeu," kata Nufransa dalam rilisnya, Kamis (6/2).


[Gambas:Video CNN]

Dia menuturkan atas kebijakan itu membuat Sumarlin mendapatkan penghargaan Menteri Keuangan terbaik oleh Euromoney pada 1989 serta oleh majalah Asia pada 1990.

Saat itu, pemerintahan Indonesia dipimpin oleh Presiden Soeharto. Era itu juga dikenal sebagai Orde Baru, yang berakhir pada Mei 1998 setelah presiden tersebut turun dari kekuasaan.

Diketahui, Sumarlin meninggal dunia sekitar pukul 14.00 di RS Carolus, Salemba, Jakarta Pusat.

(asa/asa)