Virus Corona, Pelindo IV Perketat Pemeriksaan Penumpang Asing

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 22:20 WIB
Pelindo IV memperketat pemeriksaan penumpang kapal asing degan thermo detector. Pelindo memperketat pemeriksaan penumpang kapal untuk mencegah penyebaran Virus Corona. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pelindo IV menyatakan akan memperketat pemeriksaan kru dan penumpang kapal asing yang masuk ke pelabuhan kelolaan mereka. Pengetatan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Untuk memperketat pemeriksaan tersebut, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan thermo detector untuk mengukur dan merekam suhu permukaan dan kondisi sekitar, terutama para penumpang yang baru tiba atau turun dari kapal.

"Pelabuhan Makassar yang sudah melayani pengiriman dan penerimaan barang dari dan ke luar negeri, termasuk penumpang asing, maka patut memperketat pemeriksaan mengantisipasi viru Corona," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang, Seperti dikutip dari Antara, Selasa (11/2).


Langkah lain juga dilakukan dengan meminta kepada semua pegawai yang ada di front liner, terutama yang berada di terminal penumpang, untuk lebih waspada dan wajib menggunakan masker saat menjalankan tugasnya.

"Kami pun meminta kepada semua petugas, utamanya di front liner terminal penumpang untuk jangan panik dan selalu berdoa karena Indonesia masih relatif aman dari wabah virus corona," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan dan otoritas pelabuhan, serta kantor syahbandar untuk selalu memperketat pengawasan tersebut.

Dia juga mengimbau kepada semua penumpang kapal untuk selalu menjaga kebersihan, imun tubuh dan mengatur pola makan serta istirahat yang cukup.

[Gambas:Video CNN]
Wabah Virus Corona tengah menyebar ke beberapa negara belakangan ini. Wabah telah membunuh 1.013 orang sampai dengan Selasa (11/2).

Selain itu, wabah juga sudah menginfeksi 42.500 orang. 


(agt/agt)