BRI dan Google Hackathon Umumkan 9 Pemenang

BRI, CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 21:12 WIB
BRI dan Google Hackathon Umumkan 9 Pemenang Sembilan pemenang berhasil meraih hadiah dari kompetisi hackathon yang digelar BRI dan Google di Jakarta, Bandung dan Surabaya. (Foto: dok. BRI)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menggelar kompetisi hackathon (hacking marathon) bertajuk BRIxGoogle Hackathon di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Ada sembilan pemenang dalam kompetisi tersebut.

Pemenang BRIxGoogle Hackathon dari Jakarta adalah Warung Babe sebagai juara pertama, kemudian tim Chicken Little sebagai juara kedua dan Avicena mendapat juara ketiga. Sementara dari Bandung, Team Sobil berhasil menjadi pemenang pertama, diikuti tim Diendorse sebagai juara kedua dan tim Ketringan sebagai juara ketiga.

Untuk Surabaya, juara pertama diraih oleh tim Adroit, selanjutnya untuk juara kedua dan ketiga adalah tim Bismillah 25 diikuti tim W House Indonesia. Pemenang pertama, berhak mendapatkan uang senilai Rp35 juta per tim dan BRIZZI Rp 500 ribu per orang.



Sedangkan pemenang kedua akan memperoleh uang sebanyak Rp25 juta per tim dan BRIZZI Rp 500 ribu per orang, kemudian untuk pemenang ketiga mendapatkan uang sebesar Rp 15 juta dan BRIZZI Rp 500 ribu per orang.

Event BRIxGoogle Hackathon digelar untuk mendorong kolaborasi antara para penggiat teknologi dengan BRI dan juga Google guna bersama membangun platform teknologi bagi pengembangan UMKM di Indonesia.

"Sebagai institusi keuangan mikro dengan jaringan yang terbesar, melalui event BRIxGoogle kami ingin mengajak para pegiat teknologi untuk bersama-sama mendorong digitalisasi ekonomi bersama UMKM," jelas Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo.

Para pemenang tersebut berhasil menyisihkan ratusan peserta yang mendaftar untuk ikut berkompetisi dalam BRIxGoogle Hackathon ini. Mereka berhasil melalui serangkaian tahapan seleksi.

"Dalam tahap seleksi awal yakni pengajuan proposal ide awal, terpilih 20 finalis di masing-masing kota. Ke-20 finalis ini kemudian diminta untuk menyempurnakan ide awalnya menjadi aplikasi dengan menggunakan BRIAPI dan Google Cloud," papar Indra.

Sebagai informasi BRIAPI adalah produk yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan fitur atau fungsi layanan finansial dari Bank BRI dalam platform milik mereka dengan cepat dan aman.

Penerapan BRIAPI mengukuhkan Bank BRI menjadi menjadi bank dengan system open API pertama di Indonesia yang bersertifikasi ISO 27001.


Presentasi Aplikasi

Selanjutnya, ke-20 finalis ini mengikuti acara inti Hackathon di masing- masing kota selama dua hari. Pada hari pertama, 20 finalis ini mempresentasikan aplikasi atau platform yang sudah terintegrasi dengan BRIAPI dan Google Cloud.

Selain itu, mereka mengikuti coaching clinic bersama tim BRI dan Google Indonesia.

Hari kedua, diumumkan tiga pemenang utama dari masing- masing kota. Kemudian terpilih sembilan pemenang dengan masing- masing tiga pemenang di setiap kota, berikut nama pemenang dari setiap kota: Produk para pemenang ini mampu menunjukan orisinalitas ide, keunikan dan relevansi dengan tema.

Selain itu, produk yang dihasilkan juga dinilai cukup inovatif, termasuk penerapan BRIAPI dan Google Cloud hingga produk yang mudah diaplikasikan.


Selanjutnya, produk para pemenang ini juga terbukti mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, dan menjawab permasalahan yang ada khususnya di sektor UMKM.

"Kami berharap ke depan, makin banyak talenta- talenta muda di bidang ekonomi digital yang mampu menciptakan platform bagi pengembangan UMKM di Indonesia," pungkas Indra. (asa)