Erick Thohir Rombak Pengurus Mandiri, BRI dan BNI Bulan Ini

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 09:26 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir akan merombak susunan pengurus tiga bank pelat merah, BRI, Mandiri dan BNI pada Februari 2020. Kementerian BUMN akan merombak susunan direksi tiga bank pelat merah pertengahan Februari ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir akan merombak susunan pengurus tiga bank pelat merah pada Februari ini. Bank yang susunan pengurusnya akan dirombak tersebut adalah, PT Bank Mandiri (persero), PT BNI (Persero) dan PT BRI (Persero).

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan perubahan susunan pengurus tersebut akan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Untuk BRI, RUPS rencananya digelar 18 Februari.

Untuk Bank Mandiri, RUPS akan digelar 19 Februari. Sedangkan BNI, RUPS akan digelar pada 20 Februari.


"Pergantian itu kalau ada agendanya dijalankan saja sesuai agenda. Itu proses, biasanya kalau pergantian melihat TPA juga," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (12/2).

Ia menyatakan perombakan tersebut dilakukan demi penyegaran di tubuh bank tersebut.

"Pergantian itu penyegaran atau refreshing dan menyesuaikan dengan tantangan ke depan dari BUMN tersebut," ujarnya.

Sebagai informasi, Erick sebelumnya telah menunjuk Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN.

Royke adalah "orang lama" di Bank Mandiri dan bergabung di Mandiri sejak 1999 melalui Bank Dagang Negara (BDN), yang salah satu dari empat bank yang dimerger menjadi Bank Mandiri. Jabatan terakhirnya adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta.

Selain itu Erick juga menunjuk mantan Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) Bank Mandiri.
 
[Gambas:Video CNN]

Catatan: Redaksi mengubah judul berita pada Rabu (12/2) pukul 18.28 setelah mendapatkan klarifikasi dari pihak terkait.

(agt/agt)