Strategi Erick Thohir Amankan Ekonomi RI dari Virus Corona

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 13:32 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir membuka strategi untuk mengamankan ekonomi RI dari wabah Virus Corona. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap strategi untuk mengamankan ekonomi RI dari wabah Virus Corona. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkap sekarang menjadi waktu yang tepat untuk membangun Bali. Pasalnya, Erick meramal tiga hingga empat bulan ke depan kunjungan turis akan menurun karena wabah Virus Corona.

"Sedang terjadi di dunia ada wabah virus corona. Ini kesempatan membangun karena pasti tiga hingga empat bulan ke depan kunjungan turis akan menurun, dari pada kita diam-diam saja, justru kita harus percepat pembangunan," ujar Erick saat meninjau area Melasti di Pelabuhan Benoa, Bali, pada Jumat (14/2) dikutip dari Antara.

Erick mengungkap Bali merupakan jantung turis di Indonesia. Namun, infrastrukturnya relatif masih tertinggal.


Sehingga, pemerintah diharapkan terus menyiapkan segala fasilitas pendukungnya.

"Turis ke depan, ada dari udara dan laut, selama ini fasilitas yang dari laut sebagai negara archipelago belum cukup mendukung, karena itu kita benahkan pelabuhan," katanya

Area Melasti, lanjut Erick, akan menjadi kawasan Maritime Tourism Hub, dimana terdapat pula kegiatan industri lainnya seperti pelayaran untuk melayani alih muat kargo.

"Yes ada turis, juga ada faktor pendukung ekonomi seperti peti kemas dan lain-lain, jadi tidak bisa hanya turis saja," ucapnya.

Terkait Virus Corona, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menaksir wabah Virus Corona berisiko merugikan sektor pariwisata Indonesia hingga US$4 miliar atau sekitar Rp54,6 triliun.

[Gambas:Video CNN]

(age/agt)