Jemaah Haji Indonesia Bisa Tarik Tunai ATM di Tanah Suci

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 05:21 WIB
Jemaah haji dan umrah Indonesia bisa melakukan transaksi tarik tunai di Arab Saudi lewat jaringan ATM Bersama. Jemaah haji dan umrah Indonesia bisa melakukan transaksi tarik tunai di Arab Saudi lewat jaringan ATM Bersama. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Artajasa Pembayaran Elektronis bekerja sama dengan Al-Rajhi Bank asal Malaysia memperluas jaringan ATM Lintas Batas (crossborder) di Wilayah Arab Saudi. Dengan kerja sama tersebut, jemaah haji Indonesia kini bisa melakukan transaksi ATM, seperti tarik tunai, di Tanah Suci.

Artinya, jemaah haji atau umrah yang sedang melaksanakan ibadah tidak perlu lagi membawa uang tunai dengan risiko kehilangan uang. "Harapan kami, kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan uang tunai saat melakukan ibadah haji dan umrah," ujar Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena, Selasa (18/2).

Layanan ini, sambung dia, dapat dinikmati seluruh nasabah pengguna ATM Bersama di lebih dari 45 ribu ATM Al-Rajhi Bank di Arab Saudi.


Biaya untuk transaksi pun diklaim lebih kompetitif dibandingkan ATM bank lai, yakni sekitar empat riyal atau setara Rp14 ribu.

"Rate-nya riyal. List price-nya (harganya) empat riyal," kata Bayu.

Hingga saat ini, bank-bank Indonesia yang bergabung dalam layanan ATM crossborder, antara lain BNI, Bank Jatim, BRI Syariah, BRI, Bank NTB Syariah, Bank DKI, Bank Syariah Mandiri, Bank DIY, Bank Jabar, Bank Sumut, Bank Kaltimtara, dan BNI Syariah.

Dari sisi jumlah pengguna ATM berlogo Bersama, Bayu mengaku di atas 100 juta akun. "Itu semua kartu debit yang ada logo ATM Bersama, jadi mungkin lebih dari 160 juta akun," terang dia.

Steve Chen CEO Al-Rajhi Bank of Malaysia mengungkapkan fasilitas ATM Crossborder dikembangkan untuk mendukung transaksi global dan lebih meningkatkan produk dan layanan yang berbasis syariah.

Chen juga mengatakan penggunaan ATM Al-Rajhi Bank memudahkan masyarakat Indonesia karena dilengkapi dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

"Tentunya ini akan memudahkan nasabah Indonesia, di mana Al-Rajhi menyediakan solusi transaksi yang aman, mudah, dan efisien bagi para jemaah Indonesia di Arab Saudi," kata Chen.

[Gambas:Video CNN]

(ang/bir)