INPEX Bakal Jual Gas Blok Masela ke PLN dan Pupuk Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 12:50 WIB
INPEX Masela Ltd menandatangani nota kesepahaman dengan PLN dan Pupuk Indonesia untuk menyuplai gas alam cair dari Blok Masela. INPEX bakal menyuplai gas ke PLN dan Pupuk Indonesia. (CNN Indonesia/ Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia -- INPEX Masela Ltd bakal menyuplai kebutuhan gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) PT PLN (Persero) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) dari proyek Lapangan Abadi, wilayah kerja Masela. Hal itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) pada Rabu (19/2).

Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Presiden Direktur INPEX Masela Ltd Kenji Kawano, Direktur Utama PLN Zulkilfi Zaini, serta Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat. Penandatangan tersebut menandakan pembahasan jual beli pasokan gas di kedua perusahaan dimulai.

Rencananya, LNG gas pembangkit listrik tenaga gas akan dioperasikan oleh PLN. Menteri Arifin Tasrif menyebut PLN bakal membeli sebesar 2 hingga 3 ton gas untuk memenuhi pasokan pembangkit-pembangkit listrik tenaga gas.


Namun sayangnya, ia tidak merinci berapa harga gas yang dibeli oleh perusahaan setrum negara ataupun lokasi-lokasi pembangkit yang akan disalurkan.

"Harga itu nanti pada saat aktual pasar," ucapnya di Jakarta, Rabu (19/2).

Sementara, gas alam sebesar 150 juta standard kaki kubik per hari (mmscfd) bakal dialokasikan ke kilang co-production yang dibangun oleh Pupuk Indonesia.

Selanjutnya, Arifin menyebut pemerintah berencana untuk mengupayakan percepatan penyaluran gas-gas tersebut melebihi satu tahun dari target awal, yakni hingga 2027.

"Kalau bisa (operasi) 2026, ya 2026. Tapi targetnya 2027," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Upaya percepatan tersebut, lanjut Arifin, bertujuan agar kedua perusahaan dapat meraup untung lebih banyak.

Di tempat yang sama, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan penandatangan itu merupakan poin penting dalam Proyek LNG Abadi Masela. Pasalnya, penandatangan MoU tersebut menandakan target pemerintah untuk prioritaskan gas bagi Industri maju selangkah.

"Penyerapan gas oleh Pupuk Indonesia dan PLN menunjukkan komitmen pemerintah dan industri hulu migas untuk memprioritaskan permintaan gas dari dalam negeri sebagai upaya bersama untuk meningkatkan daya saing industri nasional untuk membangun perekonomian Indonesia yang berkelanjutan," pungkasnya.



(ara/sfr)