Ketemu Jokowi, Trump Disebut Minat Investasi di Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 14:13 WIB
Ketemu Jokowi, Trump Disebut Minat Investasi di Ibu Kota Baru Jokowi dan Presiden AS Donald Trump akan bertemu membahas rencana investasi di ibu kota baru. (Dok. Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam waktu dekat. Dalam pertemuan tersebut, kedua kepala negara akan membahas investasi di ibu kota baru.

Luhut mengatakan pembicaraan dilakukan karena kabarnya Trump tertarik investasi di ibu kota baru. Ketertarikan tersebut disampaikan oleh Jared Kushner dan Ivanka Trump selaku penasehat Trump saat ia berkunjung ke Washington DC beberapa waktu lalu.

"Kami akan lihat soal pembicaraan ibu kota baru. Jared minta supaya ada pembicaraan detail dengan Trump, mereka (AS) bilang mau investasi," ucap Luhut pada Selasa (25/2).


Selain soal investasi ibu kota baru, pertemuan antara Jokowi dengan Trump juga akan membahas  rencana investasi sovereign wealth fund atau dana abadi juga akan dilakukan AS ke Indonesia.

Pada beberapa waktu yang lalu, Chief Executive Officer (CEO) IDFC Adam Boehler menyambangi Indonesia menyampaikan minatnya bergabung dalam Sovereign Wealth Fund (SWF). Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, IDFC menyediakan dana sebesar US$5 miliar untuk dana abadi Indonesia.

Untuk diketahui, SWF merupakan badan pengelola dana kekayaan negara yang berupa aset riil dan keuangan seperti saham, obligasi, logam, mulia, dan investasi alternatif lainnya. Penyertaan modal SWF dapat berupa penyertaan hasil usaha negara atau pendanaan asing.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang seluruh negara di dunia untuk menanamkan investasi di ibu kota negara baru. Selain kucuran dana investor, Jokowi juga menginginkan teknologi terbaik dalam pembangunan ibu kota baru.

Tawaran tersebut disampaikannya ketika menjadi pembicara kunci di forum internasional bertajuk Abu Dhabi Sustainability (ADSW) yang digelar di Abu Dhabi National Center (ADNEC) pada Senin (13/1).

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)