Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terganggu Akibat Banjir

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 17:30 WIB
Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terganggu Akibat Banjir Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Terganggu Akibat Banjir (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perjalanan kereta api jarak jauh terganggu karena banjir yang melanda Jakarta. Berbagai daerah operasi (Daop) melaporkan keterlambatan yang disebabkan fasilitas kereta daop 1 atau Jakarta mengalami kendala.

Dikutip dari Antara, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan setidaknya ada lima KA dari Jakarta dengan tujuan berbagai daerah di Daop 4 yang terganggu akibat banjir tersebut

Menurut dia, hingga pukul 10.00 WIB ada beberapa kereta yang sudah diberangkatkan mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan dan ada pula yang belum memungkinkan untuk diberangkatkan.


"Kereta yang akan berangkat dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen mengalami keterlambatan akibat genangan banjir," katanya.

Ia belum bisa memastikan kapan perjalanan KA tersebut akan kembali normal. Selain Semarang dan wilayah Daop 4, sejumlah kereta yang melintas Daop 5 pun mengalami keterlambatan.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto mengungkap beberapa kereta api lintas selatan Jawa dari arah Jakarta yang mengalami keterlambatan. Beberapa kereta yang mengalami keterlambatan adalah di antaranya KA Argo Wilis, KA Kutojaya Utara, KA Bengawan, KA Gajahwong, KA Fajar Utama Yogyakarta, KA Argo Dwipangga dan KA Sawunggalih.

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif pun mengungkap hal yang serupa, yakni perjalanan KA yang melintas Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mengalami keterlambatan hingga tiga jam karena imbas banjir Jakarta.

"Keterlambatan kedatangan KA di wilayah Daop 3 Cirebon disebabkan imbas genangan air yang terjadi di sejumlah jalur Daop 1 Jakarta," kata Luqman.

Luqman mengatakan akibat banjir beberapa prasarana jalur rel tidak dapat dilalui, sehingga perjalanan kereta jarak jauh yang biasa melintas di Daop 3 Cirebon mengalami keterlambatan. Menurut dia, dari data terakhir yang dimiliki keterlambatan hingga tiga jam lebih yaitu ada tiga kereta yang telat datang melewati Cirebon.

"Yaitu kereta Kutojaya relasi pasar Senen-Kutoarjo, Argo Dwipangga Gambir-Solo dan Fajar Utama Pasar Senen-Yogyakarta," ujarnya.

Sementara kereta api yang mengalami keterlambatan melintas di Cirebon dari 30 menit hingga dua jam ada sebanyak 12 KA di antaranya Gajahwong Pasar Senen-Lempuyangan, Argo Bromo Aggrek Gambir-Pasarturi, Tawang Jaya Pasarsenen - Semarang Tawang dan lainnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan berdasarkan data hingga pukul 11.45 WIB, KA yang diperkirakan terlambat antara lain Argo Wilis relasi Gambir-Bandung lewat lintas selatan dengan tujuan akhir Surabaya Gubeng.

Berikutnya, KA Argo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas utara. Kemudian KA Dharmawangsa relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi.

Selanjutnya, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Gubeng lintas selatan. Terakhir, KA Matarmaja relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Malang yang juga belum berangkat, padahal seharusnya jadwal harus berangkat pukul 10.30 WIB.

Genangan banjir merendam sejumlah fasilitas PT KAI di wilayah Daop 1 Jakarta usai hujan mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2) malam. Titik genangan antara lain terjadi di depo lokomotif Jatinegara, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, serta jalur antara Stasiun Manggarai dan Tanah Abang.

[Gambas:Video CNN]


(age/agt)