Pemerintah Akan Bebaskan Pajak Industri di Indonesia Timur

CNN Indonesia | Kamis, 05/03/2020 18:12 WIB
Menko Luhut menyebut pemerintah bakal memberikan keringanan dan pembebasan pajak untuk industri di Indonesia bagian timur. Menko Luhut menyebut pemerintah bakal memberikan keringanan dan pembebasan pajak untuk industri di bagian timur. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkap pemerintah akan memberikan fasilitas keringanan pajak penghasilan (tax allowance) dan pembebasan pajak penghasilan (tax holiday) kepada industri di Indonesia bagian timur. Hal itu dilakukan guna menarik investor membangun usaha di wilayah tersebut.

"Kami akan berikan tax allowance dan tax holiday kepada industri-industri yang dibangun di Indonesia bagian timur untuk memenuhi industri di Indonesia bagian timur," ucap Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (5/3).

Dengan banyaknya industri di Indonesia bagian timur, Luhut berharap barang yang diangkut ke kawasan itu tak sebanyak sekarang. Dengan demikian, pengiriman barang ke Indonesia bagian timur bisa menurun.


"Jangan terlalu banyak barang dari Jawa diangkut ke sana (Indonesia bagian timur) lagi karena beban biaya tinggi," terangnya.

Masalahnya, kata Luhut, biaya logistik saat ini terbilang masih mahal. Hal ini karena ketidakseimbangan pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke timur dan sebaliknya.

Selain itu, pemerintah akan menggelontorkan subsidi untuk operasional 26 trayek tol laut sebesar Rp400 miliar pada tahun ini. Subsidi dikucurkan demi memperbaiki disparitas harga masih terjadi.

Luhut bilang pemberian subsidi itu merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengungkap subsidi juga akan diberikan di pelabuhan dan pengguna tol laut.

"Kemudian subsidinya ini tak hanya dari pelabuhan ke pelabuhan, tapi juga sampai kepada ke penerima," ucap Luhut.

Sebelumnya, Jokowi mengeluhkan biaya logistik yang tak kunjung turun lantaran ada ketidakseimbangan antara pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur dan sebaliknya.

Ia menyatakan pengiriman barang dari Indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur biasanya terisi penuh. Namun, jumlah pengiriman barang jauh dari Indonesia bagian timur ke Indonesia bagian barat justru jauh berkurang.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk melihat persoalan ini secara komprehensif. Ia meminta 'pembantunya' mengecek apakah ada praktik monopoli dalam distribusi barang.

[Gambas:Video CNN]


(aud/age)