Tommy Soeharto Bangun Pasar Induk Ratusan Miliar di Karawang

CNN Indonesia | Rabu, 11/03/2020 20:13 WIB
Tommy Soeharto membangun pasar induk berkonsep modern zero waste bernilai ratusan miliar di Karawang. Tommy Soeharto membangun pasar induk ratusan miliar di Karawang. (CNNIndonesia.com/ Dias Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) membangun pasar induk modern di Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Total luas pasar yang dibangun mencapai 12 hektare.

Tommy yang merupakan Komisaris Utama PT Mandalapratama Permai menolak menyebut total investasi yang akan digelontorkannya untuk membangun pasar tersebut. Ia hanya mengatakan investasi kemungkinan besar mencapai ratusan miliar rupiah.
"Investasinya sampai ratusan miliar rupiah. Persisnya belum diketahui, masih proses penentuan. Yang jelas sampai ratusan (miliar)," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/3).

Putra mantan Presiden Soeharto itu mengatakan pasar induk yang dibangunnya nantinya berkonsep modern bertema zero waste. Ia menjamin seluruh sampah yang dihasilkan dari pasar induk itu akan diolah menjadi biogas untuk memenuhi kebutuhan energi.

"Nanti, semua limbah organik akan dijadikan biogas sebagai bahan bakar kompor di warung atau restoran di kawasan ini," kata dia.


Sesuai dengan perencanaannya, pasar induk tersebut akan menyediakan 4.264 kios dan dapat menyerap sekitar 14 ribu tenaga kerja.

"Targetnya, kurang dari 18 bulan ke depan sudah bisa beroperasi," katanya.

[Gambas:Video CNN]


(agt)