Jiwasraya, Staf Erick Thohir Buka Peluang BUMN Beli Citos

CNN Indonesia | Kamis, 12/03/2020 19:34 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membuka peluang aset Jiwasraya termasuk Citos dijual ke holding BUMN asuransi. Kementerian BUMN buka kemungkinan aset Jiwasraya dan Citos dijual ke BUMN. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Staf Khusus (Stafsus) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan pihaknya tak menutup kemungkinan aset PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berupa kantor akan dijual ke sesama perusahaan pelat merah.  Perusahaan pelat merah yang berpeluang besar membeli aset tersebut adalah holding BUMN asuransi yang sekarang tengah dibentuk pemerintah.

"Seperti diketahui, kami akan buat holding, bisa saja nanti yang beli holding asuransi," tuturnya di Jakarta, Kamis (12/3).

Diketahui, beberapa aset Jiwasraya kini tengah dijual untuk membayar tunggakan klaim nasabah perseroan asuransi pelat merah itu. Aset yang bakal dijual terdiri dari obligasi di reksadana, properti seperti kantor Jiwasraya, hingga pusat perbelanjaan Cilandak Town Square (Citos) di Jakarta Selatan.


Ia mengatakan pihaknya tengah mengusulkan penjualan tersebut kepada DPR. Arya menjelaskan, keputusan penjualan aset kini bergantung dari hasil keputusan Panitia Kerja DPR.

"Nanti di Panja akan diputuskan, dan sudah diusulkan, tengah diproses salah satunya penjualan aset Jiwasraya," jelasnya.

Sayangnya, ia enggan menyebut berapa jumlah total aset Jiwasraya yang akan dijual nanti. Ia juga belum mau menjelaskan jumlah aset berpotensi untuk dibeli BUMN.

"(Jumlah Nilai Aset) sudah dihitung tunggu saja nanti (keputusan Panja)," ungkapnya.

Sebelumnya, Jiwasraya telah gagal membayar klaim nasabah hingga mencapai Rp16 triliun. Pemerintah menyebut akan mulai melunasi sebagian dari tunggakan, namun membutuhkan persetujuan Panja DPR yang hingga kini masih dalam masa reses.

[Gambas:Video CNN]


(ara/agt)