Luhut Ungkap Kondisi Menhub Budi Karya Usai Positif Corona

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 07:45 WIB
Luhut Ungkap Kondisi Menhub Budi Karya Usai Positif Corona Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkap kondisi Menhub Budi Karya Sumadi terus membaik usai terjangkit virus corona. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus membaik, meski positif terjangkit virus corona. Saat ini Budi Karya tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. 

"Tadi saya tanya ke dokter di RSPAD, keadaannya stabil, membaik, meski ada masalah tapi nanti kami akan tahu lebih jelasnya dan detail dalam tiga hari ke depan," ujar Luhut, Rabu (18/3). 

Luhut yang kini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) jabatan Budi Karya pun mengaku masih prihatin dengan kondisi rekan kerjanya itu. "Saya prihatin, tapi dokter RSPAD bilang ada progress," imbuhnya. 


Menurut Luhut, Budi Karya terjangkit virus corona karena bekerja terlalu keras, sehingga kekebalan tubuhnya mungkin menurun. Hal ini, sambungnya, tak lepas dari kebiasaan mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu, yang senang bekerja.

Budi Karya bahkan masih terus turun langsung ke lapangan meninjau berbagai hal yang menjadi tanggung jawabnya dalam bidang pengawasan. Salah satunya, ketika Budi Karya turut serta menyambut kedatangan para Anak Buah Kapal (ABK) MV Diamond Princess dari perairan Yokohama, Jepang di Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat pada awal bulan ini. 

"Beliau kerjanya hebat, bahkan kepulangan orang-orang Indonesia kemarin dari luar, beliau bekerja betul-betul tanpa lihat waktu," katanya. 

Usai pengumuman Budi Karya positif terjangkit virus corona, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju memeriksakan kesehatan mereka karena diketahui masih berinteraksi dengan Budi Karya dalam beberapa hari terakhir. Sebagian mengunjungi RSPAD langsung, namun beberapa diantaranya melangsungkan di kediaman masing-masing. 

Luhut pun ikut serta dalam gelombang pemeriksaan kesehatan itu, namun belum ada pengumuman hasil tes kesehatannya. Hanya saja, ia masih terus menjalankan tugas.
 
Sementara hasil pemeriksaan kesehatan menteri-menteri lain sudah keluar dan hasilnya negatif. Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Sampai Rabu (18/3), setidaknya ada 227 kasus positif virus corona di Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 19 orang meninggal dunia dan 11 orang sembuh. 

[Gambas:Video CNN]


(uli/age)