Kadin-Buddha Tzu Chi Galang Dana Beli 1 Juta Test Kit Corona

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 11:42 WIB
Kadin dan Yayasan Buddha Tzu Chi galang donasi untuk membeli 1 juta alat uji cepat untuk mengatasi penyebaran wabah virus corona. Kadin dan Yayasan Buddha Tzu Chi galang donasi 1 juta rapid test kit untuk tangani virus corona. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kadin dengan menggandeng Yayasan Budddha Tzu Chi menggalang donasi untuk penanganan penyebaran wabah virus corona.Mereka menargetkan Rp500 miliar dari upaya tersebut

Donasi yang digalang nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan uji coba cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah. Selain itu, donasi juga dimanfaatkan untuk membeli 20 ribu baju isolasi, 4 unit alat bantu pernafasan, termasuk 1 juta masker.

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani mengatakan penggalangan donasi akan sampaikan ke Presiden Jokowi. "Seluruh penyaluran donasi berikut perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden secara berkala, dan kami terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini," katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/3).


Sementara itu relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin mengatakan Kamis (20/3) kemarin pihaknya mulai menyalurkan bantuan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUP Persahabatan.

Penyerahan tersebut merupakan lanjutan. Pada Rabu (18/3) lalu, Yayasan Tzu Chi telah menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan, juga ventilator bagi Kementerian Kesehatan berikut beberapa rumah sakit, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan.

Bantuan diberikan karena pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci untuk menghentikan penyebaran virus corona.

"Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Kadin, sejumlah perusahaan sudah ikut memberikan donasi penanganan virus corona. Mereka antara lain, Sinar Mas, PT Adaro Energy Tbk, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, beserta Triputra Group.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu sebelum Kadin dan Yayasan Budddha Tzu Chi menggalang donasi, sejumlah instansi swasta juga menggelontorkan dana untuk mengatasi penyebaran virus corona di Indonesia.  Salah satunya, PT Paragon Technology & Innovation (Paragon), induk perusahaan Wardah.

Mereka mendonasikan lebih dari Rp13 miliar untuk menangani wabah virus corona. Bantuan dalam bentuk alat kesehatan dan alat pelindung diri bagi tenaga medis kepada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan tersebut dikonfirmasi oleh Head of Corporate Communication Paragin Suci Hendrina.

"Kami berkomitmen (memenuhi) kebutuhan tersebut, dan saat ini memenuhi kebutuhan dari yang tersedia," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Platform jual beli online (e-commerce) Shopee pun mengumumkan donasi sebesar Rp1 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) pada Rabu (18/3).

Presiden Komisaris SEA Grup Indonesia Pandu Sjahrir mengatakan Shopee juga bergerak sebagai jembatan donasi masyarakat ke pasien positif virus corona. Donasi dapat diberikan lewat 'Kampanye Sejuta Masker' melalui aplikasi Shopee.








(antara/agt)