SoftBank Jual Aset US$41 M demi Bayar Utang

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 14:09 WIB
SoftBank Jual Aset US$41 M demi Bayar Utang SoftBank menjual aset bernilai US$41 miliar demi melunasi utang. (Kazuhiro NOGI / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- SoftBank Group pada Senin (23/3) ini menyatakan akan menjual 20 persen aset  mereka. Mereka menargetkan bisa mendapatkan dana hingga US$ 41 miliar dari kebijakan tersebut.

Dikutip dari AFP, Senin (23/3) mereka menyatakan dana penjualan aset tersebut US$18 miliar di antaranya akan digunakan untuk membeli kembali saham (buyback). Sementara itu sisanya, akan digunakan untuk membayar utang dan meningkatkan cadangan kas perusahaan. 

CEO SoftBank Masayoshi Son mengatakan program buyback yang dilakukan perusahaannya tersebut merupakan yang terbesar. Penjualan aset katanya juga memberikan manfaat besar. Salah satunya, bagi neraca dan utang SoftBank.


Ia yakin kebijakan tersebut akan memperkuat neraca keuangan SoftBank. Di sisi lain, kebijakan tersebut juga akan mengurangi jumlah utang dalam jumlah besar.

Selain itu, ia juga meyakini kebijakan tersebut akan meningkatkan saldo kas terbesar dalam sejarah SoftBank. Sementara itu beberapa saat setelah SoftBank mengumumkan rencana tersebut, saham mereka melonjak lebih dari 18 persen. 

Ia menyatakan peningkatan saham tersebut mencerminkan kepercayaan investor kepada perusahaan masih cukup besar. 

Sebagai informasi, SoftBank merupakan salah satu calon investor ibu kota baru di Kalimantan Timur.  Pada Januari lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut raksasa telekomunikasi dan media asal Jepang itu siap investasi hingga US$30 miliar atau sekitar Rp495 triliun (asumsi kurs Rp16.500 per dolar AS).

[Gambas:Video CNN]


(agt/sfr)