Mitigasi Corona, Besok Bandara Kulon Progo Operasi Penuh

CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2020 11:49 WIB
Mitigasi Corona, Besok Bandara Kulon Progo Operasi Penuh Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo akan beroperasi mulai besok, Minggu (29/2) untuk mencegah penuhnya kapasitas di Adisucipto. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo akan mengambil alih beban bandara Adisucipto, Yogyakarta, dan beroperasi penuh mulai besok, Minggu (29/2).

Direktur Utama Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengungkap percepatan operasional penuh YIA diambil karena kapasitas yang terbatas dari Bandara Adisucipto sehingga tidak ada opsi lain selain memindahkan bandara, terutama dalam pencegahan wabah corona menyebar luas.

"Terkait dengan situasi yang dihadapi sekarang yakni merebaknya virus corona, sulit untuk AP I terapkan sosical distancing di Adisucipto terutama karena kapasitas yang tidak memadai," ujarnya dalam video conference, Sabtu (28/3).


Faik menegaskan dalam proses perpindahan ada risiko, sehingga pihaknya sudah menyiapkan langkah mitigasi dan protokol perpindahan dengan tetap mencegah penyebaran covid-19.

"Kami menyediakan sarana kebersihan hand sanitizer, reguler penyemprotan disinfektan ke fasilitas, semprotkan disinfektan ke penumpang yang masuk bandara, penggunaan termal scanner, terapkan juga virtual customer service. Jadi tidak tatap muka langsung. Kebijakan phsyical distancing di bandara setidaknya dua meter," papar Faik.

AP pun tidak akan menggelar upacara pembukaan bandara demi mencegah penyebaran virus corona.

Faik memaparkan kapasitas Bandara YIA mencapai 20 juta penumpang per tahun. Menurutnya, bandara tersebut sudah beroperasi sejak Mei 2019, namun belum secara penuh masih berkala.

"
Sejak Mei 2019 sudah melayani 30 ribu penumpang dengan 3 ribu movement di 13 rute. Perpindahan tidak serentak, tapi mulai per gelombang sejak 20 maret lalu," katanya.

"Kalau biasanya perpindahan sekaligus ini diatur sedemikian rupa secara terjadwal dan parsial, dengan tetap terapkan social distancing. Kami juga memastikan seluruh personel punya istirahat baik supaya kesehatan cepat terjaga," ungkap Faik.

Bandara YIA saat ini disebutnya memiliki 32 penerbangan yaitu 16 take off dan 16 landing. Sehingga, jika ditambah dengan 136 pergerakan pesawat yang akan dioperasionalkan mulai besok, total YIA bisa menampung 168 movement dengan pembagian, 84 take off dan 84 landing.

"Namun dengan kondisi corona, beberapa airline terjadi penurunan signifikan penumpang. Beberapa penerbangan batal," terangnya.

Menurut Faik ada 53 movement penerbangan yang dibatalkan sehingga mengurangi pergerakan pesawat di bandara.

"Keseluruhan besok pagi kurang lebih ada 135 movement di YIA," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]


(rds/age)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA