Listrik Gratis, PLN Jamin Token yang Sudah Dibeli Tak Hangus

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 19:51 WIB
Listrik Gratis, PLN Jamin Token yang Sudah Dibeli Tak Hangus PLN menjamin token atau saldo pembayaran daya listrik yang sudah dibeli pelanggan prabayar tidak akan hilang. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menjamin token atau saldo pembayaran atas daya listrik yang sudah dibeli pelanggan prabayar tidak akan hilang, meski pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan pembebasan tagihan dan diskon tarif listrik. Token pelanggan prabayar akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan. 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan pelanggan rumah tangga prabayar golongan 450 VA akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. Sementara, pelanggan pascabayar golongan 900 VA subsidi akan mendapatkan diskon tarif 50 persen.

"Jadi token yang telah dibeli tidak hilang," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/4). 


Untuk pelanggan pascabayar golongan 450 VA, perseroan akan langsung membebaskan tagihan.

Kemudian, bagi pelanggan golongan 950 VA subsidi, perseroan akan memotong tagihan 50 persen pada setiap periode pembayaran. Kebijakan diskon pembayaran listrik akan berlaku mulai bulan ini hingga Mei 2020.

"Proses ini akan tuntas dalam sepekan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya," katanya.

Perusahaan setrum nasional itu berharap kebijakan pemerintah bisa menambah daya beli masyarakat di tengah tekanan ekonomi akibat penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya, pembayaran listrik merupakan komponen pengeluaran yang cukup besar bagi masyarakat. 

"Harapan kami, ini bisa meringankan ekonomi untuk masyarakat di tengah menghadapi pandemi virus covid-19," ujarnya. 

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan diskon pembayaran tarif listrik bagi masyarakat guna menambah daya beli di tengah pandemi corona. Diskon diberikan sebesar 100 persen alias gratis bagi 24 juta pelanggan listrik berdaya 450 Volt Ampere (VA).

Berikutnya, diskon 50 persen diberikan kepada 7 juta pelanggan listrik berdaya 900 VA bersubsidi.

(uli/age)