Airbnb Dapat Dana US$1 M Buat Atasi Dampak Virus Corona

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 11:04 WIB
Airbnb mendapat kucuran dana US$1 miliar untuk mengatasi dampak virus corona dari Silver Lake dan Sixth Street Partners. Airbnb mendapat kucuran dana US$1 miliar untuk mengatasi dampak virus corona dari Silver Lake dan Sixth Street Partners. (Dok. Facebook/airbnb).
Jakarta, CNN Indonesia -- Airbnb akan mendapatkan investasi baru senilai US$1 miliar untuk bertahan di tengah wabah virus corona.

Dikutip dari AFP, Silver Lake dan Sixth Street Partners akan menginvestasikan uangnya ke dalam platform home-sharing itu. Kedua investor tersebut akan memberikan investasi dalam bentuk hutang dan ekuitas.

"Meskipun lingkungan saat ini jelas merupakan hal yang sulit bagi industri perhotelan, keinginan untuk melakukan perjalanan dan memiliki pengalaman otentik merupakan hal yang mendasar dan bertahan lama," kata mitra pengelola Silver Lake Egon Durban dalam rilisnya, Selasa (7/4) dikutip dari AFP.


Durban menjelaskan model bisnis Airbnb yang beragam dan global dipercaya akan pulih usai wabah. Pendiri Airbnb Brian Chesky menambahkan, dana segar ini memungkinkan Airbnb untuk berinvestasi dalam komunitas dan menambah pengalaman 'lokal' yang disediakaan dalam rumah.

Airbnb mengatakan akan fokus pada masa tinggal jangka panjang, mulai dari mahasiswa yang membutuhkan perumahan hingga pekerja jarak jauh. Rumah tersebut akan dibangun berdasarkan permintaan yang meningkat dari platform .

Persyaratan investasi termasuk memasukkan US$5 juta ke dalam Dana Bantuan Host Teladan untuk tuan rumah yang berperingkat tinggi yang membutuhkan bantuan dengan pembayaran sewa atau hipotek karena efek wabah virus corona.

Karyawan Airbnb memulai dana tersebut dengan US$1 juta dan dua rekan pendiri Airbnb menyumbang US$9 juta lagi.

Airbnb juga membantu tuan rumah dengan kerugian finansial setelah tamu membatalkan rencana perjalanan.

[Gambas:Video CNN]

(age/sfr)