Beli Bahan Pangan di Pasar Mitra Tani Gratis Ongkir

Kementan, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 21:34 WIB
Kementan yang akan menanggung biaya distribusi bahan pangan yang dipesan di Pasar Mitra Tani/TTIC melalui aplikasi Gojek. Transaksi pembelian bahan pangan di Pasar Mitra Tani melalui Gojek. (dok. Kementan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertanian terus memantau pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat secara konsisten. Terobosan terbaru adalah berkolaborasi dengan Gojek untuk menyediakan jasa distribusi bagi masyarakat yang membutuhkan bahan pangan dari Pasar Mitra Tani dan Toko Mitra Tani.

Para mitra pengemudi mengaku layanan ini membantu mereka dalam keseharian, mengingat masyarakat tengah dalam masa physical distancing untuk menghentikan penyebaran virus corona. Hal itu dibenarkan oleh Muhammad Gufron dan Ardi.

"Terima kasih TTIC yang telah bekerja sama dengan Gojek karena memudahkan saya mendapat pelanggan. Kalau perlu tahu saya dari pagi dapat pelanggan susah, paling banyak satu atau dua. Tapi setelah jam buka TTI saya bisa maksimalkan mendapat pelanggan," ujar Gufron yang ditemui saat sedang mengantre di Pasar Mitra Tani/TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (7/4).


Ardi menambahkan, "Alhamdulillah tertolong dengan adanya GoShop ini, karena pelanggan yang memesan Gojek memang sangat turun."
Selain mitra pengemudi Gojek, Pasar Mitra Tani/TTIC Kementan juga melayani warga yang ingin berbelanja bahan pangan secara langsung. Namun transaksi tetap dilakukan dengan membatasi jarak dan interaksi.

Hal itu pun membuat pelanggan merasa aman, seperti Suherman yang mengapresiasi protokol physical distancing tersebut. Sementara, Nuni menyebut dirinya nyaman berbelanja di TTIC karena bahan pangan yang disediakan berkualitas.
Transaksi pembelian bahan pangan di Pasar Mitra Tani melalui Gojek. (dok. Kementan)
"Saya senang belanja di sini harganya terjangkau, tempatnya nyaman, dan barang-barang yang dijual berkualitas," ujarnya.

Pada Jumat (3/4), Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi menandatangani nota kesepahaman distribusi pangan dengan Gojek. Berdasarkan kesepakatan yang disaksikan sendiri oleh Menteri Syahrul Yasin LimPpo itu, Kementan disebut akan menanggung biaya distribusi bahan pangan yang dipesan di Pasar Mitra Tani/TTIC melalui Gojek.

"Kami yang akan membayar, sistemnya tentu pihak Gojek sudah ada, dan ini tidak mempengaruhi harga pangan yang dibeli. Jadi tentu pengendara Gojeknya juga mendapat bayaran dan masyarakat diringankan dengan tidak dibebankan biaya antar," kata Agung yang menilai kesepahaman ini berdampak baik bagi kedua belah pihak.

"Di satu sisi Gojek mendapat penghasilan karena mendapat pelanggan, di sisi lain masyarakat mendapat bahan pangan tanpa keluar rumah karena ada imbauan di rumah saja," ujarnya. (rea)