Modal Warisan, Alice Walton Jadi Wanita Terkaya Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 11:36 WIB
Alice Walton merupakan pewaris pendiri Walmart. Kekayaannya mencapai US$54,2 miliar, unggul atas pewaris L'Oreal yang hanya US$48,9 miliar. Alice Walton merupakan pewaris pendiri Walmart. Kekayaannya mencapai US$54,2 miliar, unggul atas pewaris L'Oreal yang hanya US$48,9 miliar. (AFP/D Dipasupil/Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia -- Alice Walton menempati peringkat pertama sebagai perempuan terkaya di dunia versi Forbes 2020. Nilai kekayaannya mencapai US$54,2 miliar atau sekitar Rp880,75 triliun (berdasarkan kurs Rp16.250 per dolar AS).

Tahun ini, Alice berhasil merebut kembali posisi yang pernah didudukinya pada 2018 dari Francoise Bettencourt Meyers. Pewaris kekayaan grup usaha L'Oreal itu hanya mengantongi harta sekitar US$48,9 miliar atau Rp794,62 triliun pada tahun ini.

Status perempuan terkaya sejatinya bukan hal baru bagi Alice. Ia kerap bertukar status dengan para perempuan dari keluarga L'Oreal dalam beberapa tahun terakhir.


Bila tahun ini Alice mengalahkan putri tunggal keluarga L'Oreal, sebelumnya Alice kerap diungguli dengan ibu dari Francoise Bettencourt, yaitu Liliane Bettencourt.

Alice mendapat label 'orang tajir' berkat warisan dari orang tuanya, pendiri Walmart, Sam Walton dan Helen Walton. Namun, hal ini tak semata-mata menjadikan perempuan kelahiran 7 Oktober 1949 itu sebagai orang kaya tanpa karir.

Usai menempuh pendidikan ekonomi dan keuangan dari Universitas Trinity di San Antonio, Texas, AS, Alice membangun karirnya sebagai analis ekuitas dan manajer keuangan di First Commerce Croporation. Ia kemudian mengelola investasi Arvest Bank Group.

Kemudian, ia mendirikan Llama Company, sebuah bank investasi dan menjadi pemimpin Dewan Northwest Arkansas yang mengembangkan pembangunan bandara lokal. Setelah itu, ia meneruskan pengelolaan warisan keluarga.

Ia pernah tercatat sebagai salah satu orang kaya yang memberikan sumbangan US$2,6 miliar untuk gerakan Progress for America. Ia juga memberi sumbangan untuk pemilihan presiden AS, seperti US$200 ribu untuk kampanye Mitt Romney dan US$353,4 ribu untuk kampanye Hillary Clinton saat melawan Donald Trump pada 2016 lalu.

Lepas dari kekayaannya, Alice merupakan pecinta seni. Ia membuka Crystal Bridges Museum of American Art di Arkansas, tempat tinggalnya.

Ia mengaku sudah menyukai seni sejak anak-anak. Hal ini membuatnya hobi membeli berbagai karya seni mahal di dunia, salah satunya karya Andy Warhol dan Georgia O'Keefe dengan nilai US$44,4 juta.

Di kehidupan pribadi, Alice dikabarkan sempat menikah dengan seorang bankir investasi, namun tak lama bercerai. Ia merupakan seorang janda tanpa anak sebagai pewaris kekayaannya.

[Gambas:Video CNN]


(uli/bir)