51 Persen Harta Orang Terkaya Dunia Menyusut

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 12:56 WIB
51 Persen Harta Orang Terkaya Dunia Menyusut Forbes melansir 51 persen harta orang terkaya di dunia susut, termasuk harta Amancio Ortega, bos Zara, dan Carlos Slim Helu, bos telko asal Meksiko. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agust Supriadi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Forbes melansir 51 persen harta orang terkaya di dunia menyusut. Hingga 18 Maret 2020, ada 2.095 nama miliarder dalam daftar orang kaya dengan jumlah kekayaan US$8 triliun atau lebih rendah US$700 miliar dari tahun sebelumnya.

Menurut Forbes, harta orang kaya dunia menyusut, karena pandemi virus corona yang menyebar cepat nyaris ke seluruh negara di dunia. Pandemi ini membuat pasar ekuitas dunia rontok. Para miliarder pun kehilangan uang mereka.

"Kami menghitung 2.095 miliarder pada 2020, jumlahnya 58 orang lebih sedikit dari tahun lalu," tulis Forbes, dikutip Kamis (9/4).


Di antara 1.000 miliarder yang mencatat penurunan harta, yaitu Amancio Ortega. Harta pengusaha ritel pakaian Zara, Pull & Bear, termasuk brand papan atas, seperti Massimo Dutti ini susut 0,48 persen menjadi US$62,6 miliar.

Namun, ia masih menjadi orang terkaya di benua biru Eropa. Di dunia, peringkatnya pun masih di urutan ke-6 setelah Warren Buffet pada posisi ke-4 dan Larry Ellison di urutan ke-5.

Kemudian, ada Jim Walton, putra bungsu pendiri Walmart, Sam Walton. Harta Jim turun tipis menjadi US$54,3 miliar. Ia menjadi orang kaya dunia di urutan ke-8, mengungguli kakak perempuannya Alice Walton di posisi ke-9.

Namun, tak seperti Alice yang bermodalkan warisan orangtuanya, Jim kaya raya karena berinvestasi 44 persen saham di Arvest Bank. Meski demikian, investasi itu berasal dari sebagian besar warisan orangtuanya.

Lalu, ada Carlos Slim Helu yang mencatat penyusutan harta US$196 juta menjadi US$48,7 miliar. Orang terkaya asal Meksiko ini mengendalikan perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin.

Sementara itu, tiga teratas orang terkaya di dunia masih diduduki oleh Jeff Bezos, Bill Gates, dan Bernard Arnault. Harta ketiganya tetap meningkat di tengah krisis kesehatan dunia akibat pandemi covid-19.

Bezos, bos Amazon, mencatat kekayaan US$113 miliar. Sedangkan Gates, pendiri Microsoft, mengantongi harta US$98 miliar, dan bos brand barang mewah Louis Vuitton, Arnault, mencatat kekayaan sebesar US$76 miliar.

[Gambas:Video CNN]


(bir)