Jokowi Kasih Rp600 Ribu ke 197 Ribu Sopir Taksi Lawan Corona

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 15:23 WIB
Jokowi Kasih Rp600 Ribu ke 197 Ribu Sopir Taksi Lawan Corona Jokowi akan menyalurkan bansos kepada sopir taksi, sopir bus, dan kernet sebesar Rp600 ribu per bulan untuk melawan dampak ekonomi akibat pandemi virus corona. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelontorkan bantuan sosial (bansos) kepada 197 ribu pengemudi taksi, sopir bus, truk dan kernet di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi virus corona. Bantuan tersebut akan disalurkan Polri dalam bentuk program kartu prakerja  bernama program keselamtaan yang dikombinasikan dengan bansos serta pelatihan. 

Besaran bantuan yang diberikan sebesar Rp600 ribu. Bantuan akan diberikan selama 3 bulan. Artinya, total anggaran yang disiapkan sebesar Rp360 miliar. Selain memberikan bantuan kepada supir taksi, agar wabah virus corona tidak menekan ekonomi masyarakat Indonesia, Jokowi juga menggelontorkan banyak insentif lainnya.

Pertama, bantuan khusus berbentuk sembako murah untuk masyarakat DKI Jakarta. Bantuan dialokasikan untuk untuk 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta. 


Total bantuan Rp600 ribu per bulan per kepala keluarga selama 3 bulan. Jokowi mengatakan total anggaran yang digelontorkan untuk bantuan sembako bagi masyarakat DKI Jakarta tersebut mencapai Rp2,2 triliun.

Kedua, bantuan sembako untuk masyarakat di wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Bantuan akan diserahkan ke 1,6 juta jiwa atau 576 kepala keluarga dengan total bantuan Rp600 ribu per bulan.

Jokowi mengatakan total anggaran yang digunakan untuk memberikan bantuan tersebut mencapai Rp1 triliun. Untuk masyarakat di luar Jabodetabek. 

Jokowi menyatakan pemerintah juga akan memberikan bantuan uang tunai kepada 9 juta kepala keluarga yang tidak menerima Program Keluarga Harapan dan sembako murah dari pemerintah. 

Bantuan yang diberikan sebesar Rp600 ribu per bulan selama 3 bulan. "Total anggaran yang disiapkan Rp16,2 triliun," katanya
(aud/agt)