PLN Pastikan Token Listrik Gratis Bisa Diakses Mulai Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 17:48 WIB
PLN Pastikan Token Listrik Gratis Bisa Diakses Mulai Hari Ini PLN memastikan token listrik gratis bagi warga miskin sudah bisa diperoleh mulai Kamis (9/4) siang. Ilustrasi. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT PLN (Persero) memastikan token listrik gratis untuk 11,3 juta pelanggan prabayar rumah tangga golongan daya 450 VA dan 900 VA subsidi bisa diperoleh mulai Kamis (9/4) siang. Token gratis tersebut dapat diakses melalui website PLN dan WhatsApp.

Sebelumnya, pemerintah menanggung 100 persen biaya listrik golongan 450 VA dan 50 persen biaya listrik golongan 900 VA hingga tiga bulan ke depan. Hal itu dilakukan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di tengah wabah virus corona.

"Sejak jam 11 siang tadi, seluruh pelanggan prabayar sudah dapat menikmati token gratis yang diberikan pemerintah," tutur Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (9/4).


Token listrik gratis akan diberikan setiap bulan selama bulan April, Mei, dan Juni. Besaran token yang didapat didasarkan pada penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

Perseroan juga memastikan bagi pelanggan yang sudah terlanjur membeli token listrik pada April, sebelum mendapatkan token stimulus corona, tetap dapat akan mendapatkan token listrik gratis yang menjadi haknya.

"Kalau pelanggan terlanjut beli token sebelumnya, tidak masalah, tetap bisa dapat token gratis untuk bulan April, baik melalui website, WhatsApp ataupun PLN Mobile. Jadi haknya tidak hilang," tambah Made.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, perusahaan setrum pelat merah ini juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

Sementara, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen.


Berikut cara mendapatkan token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi melalui website:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Adapun cara mendapatkan token gratis PLN melalui layanan WhatsApp sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

[Gambas:Video CNN]


(sfr/agt)