Mentan Sebut Animo Belanja di Pasar Mitra Tani Meningkat

Kementan, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 14:13 WIB
Mentan Sebut Animo Belanja di Pasar Mitra Tani Meningkat Suasana transaksi jual-beli di Pasar Mitra Tani, Jakarta. (Foto: Kementerian Pertanian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan Gojek dalam upaya pendistribusian pangan disambut baik oleh masyarakat. Antusiasme warga berbelanja di Pasar Mitra Tani Indonesia/TTIC disebut terus meningkat. Hal itu dinilai wajar, karena Kementan memberi subsidi berupa gratis ongkos kirim untuk pembelian menggunakan jasa Gojek.

Menteri Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Pasar Mitra Tani merupakan salah satu upaya Kementan mengamankan pasokan dan distribusi pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Perintah Presiden, apapun dilakukan untuk membantu rakyat, dan pada posisi itu salah satu upaya kita adalah melalui pasar mitra tani ini," kata Syahrul dalam kunjungan ke Pasar Mitra Tani/TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (8/4).


Dalam kunjungan yang juga didampingi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi itu, Syahrul mengaku animo belanja masyarakat secara daring meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Ia menyebut bahwa keberadaan pasar ini menguntungkan semua pihak, termasuk kelompok tani, mitra pengemudi Gojek, serta warga sendiri.
"Dengan adanya pasar tani, tidak hanya driver Gojek yang terbantu dengan banyaknya pemesan, masyarakat juga terbantu memperoleh bahan pangan murah dan berkualitas, serta kelompok tani yang memproduksi pangan juga terbantu, karena produknya terserap ke pasar," katanya.

Menyadari peningkatan permintaan bahan pangan tersebut, Syahrul meminta jam operasional di Pasar Mitra Tani ditambah. Ia pun meminta Agung untuk memperluas Pasar Mitra Tani ke seluruh provinsi.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pangan di daerah agar melaksanakan kerjasama yang sudah dibangun," kata Agung merespons permintaan Syahrul itu. (rea)