Perdana PSBB DKI, Kebingungan Pengguna KRL dan Ritel Sepi

CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 21:07 WIB
Perdana PSBB DKI, Kebingungan Pengguna KRL dan Ritel Sepi Aktivitas turun naik penumpang kereta KRL Commuterline di Stasiun Manggarai sebelum pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta untuk menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19) secara perdana pada jadwal pemberangkatan kereta rel listrik (KRL) memicu kebingungan penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (10/4) sore.

"Kereta dari Bogor tujuan Stasiun Bekasi habis pukul 17.14 WIB, padahal ketentuan PSBB jam 18.00 WIB," kata penumpang tujuan Bekasi, Fergi Maulidya (27) di Jakarta seperti dikutip dari Antara.

Alhasil, puluhan penumpang pun memprotes ketiadaan kereta tujuan Bekasi sebelum berakhirnya jam operasional sesuai ketentuan PSBB.


Peristiwa itu memicu protes puluhan penumpang tujuan Bekasi di Stasiun Manggarai, menuding operator tidak konsisten pada aturan pemerintah.

Perempuan warga Kota Bekasi, Jawa Barat, itu baru saja pulang dari tempat kerja di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Jadi tadi saya dari Pasar Minggu, jam 16.30 WIB, sampai di Stasiun Manggarai jam 17.30 WIB, tapi kereta yang ke arah Bekasi sudah habis. [Diinformasikan] terakhir operasional jam 17.14 WIB," katanya.

Puluhan penumpang dengan tujuan Bekasi, kata dia, telantar di Stasiun Manggarai karena kereta dari arah Bogor lama sampai di stasiun.

Sejumlah penumpang pun sempat emosi dan memprotes operator stasiun. Sebagian dari mereka ada yang mendatangi ruang informasi stasiun untuk menanyakan kepastian jadwal pemberangkatan ke Bekasi.

Menurut keterangan salah satu petugas Stasiun Manggarai, jadwal PSBB pada pukul 18.00 WIB dihitung berdasarkan waktu tiba kereta di Stasiun Bekasi.

"Jam 18.00 WIB itu estimasi waktu hingga ke tempat tujuan akhir (Stasiun Bekasi)," katanya.

Perdana PSBB DKI, Kebingungan Pengguna KRL dan Ritel SepiAktivitas turun naik penumpang kereta KRL Commuterline di Stasiun Manggarai, Jakarta, sebelum masa pandemi virus corona (Covid-19). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dihubungi secara terpisah Humas PT KCI Anne Purba mengatakan KRL dari Stasiun Manggarai tujuan Bekasi tiba pukul 17.14 WIB.

"Lewat Stasiun Cakung pukul 18.00 WIB. Kalau setiap stasiun harus pukul 18.00 WIB tidak mungkin," katanya.

Mengingat saat ini masih tahap sosialisasi, kata Anne, pihaknya Jumat ini memberangkatkan tiga rangkaian KRL, satu rangkaian ke Bekasi dan satu rangkaian ke Bogor.

"Agar penumpang yang sudah di Manggarai bisa naik," katanya.

Anne menambahkan PT KCI selalu memberikan informasi pemberangkatan kereta terakhir melalui aplikasi Twitter dan KAI Access juga pengumuman langsung di setiap stasiun.

Hari Pertama PSBB, Pasar dan Ritel Terpantau Sepi

Sementara itu, pada hari pertama pemberlakuan PSBB DKI ini, pelaku usaha ritel menyebut berbagai supermarket dan mini market di Jakarta cenderung sepi.

Ketua Umum Asosiasi Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey menduga penurunan volume penjualan disebabkan keengganan masyarakat untuk keluar rumah di tengah PSBB. Selain itu, tanggal merah terkait peringatan Wafat Isa Al Masih juga disebutkan turut menekan volume belanja masyarakat hari ini.

"Dalam suasana hari besar keagamaan, berdasarkan tinjauan kami masyarakat memilih stay at home," kata Roy, Jumat.


Dari laporan yang diterimanya, kondisi kondusif terjadi merata di seluruh ritel di Jakarta, pembelian per keranjang pun terpantau wajar.

Di satu sisi, untuk antisipasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Pangan, Intelkam Bareskrim Mabes Polri serta Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI untuk menjaga keamanan karyawan dan pelanggan.

Kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun dijalin, Roy mengaku telah meminta bantuan dari Pangdam dan Polda Pemprov DKI.

Perdana PSBB DKI, Kebingungan Pengguna KRL dan Ritel Sepi(CNNIndonesia/Basith Subastian)
Dari penelusuran CNNIndonesia.com di salah satu ritel raksasa, Alfamart, kondisi pun terpantau kondusif. Corporate Affair Director Alfamart Solihin menyebut tidak terjadi lonjakan pembelian, penjualan di seluruh gerai Alfamart di Jakarta pun dilaporkan stabil. 

"Dari hasil monitor kamu hari ini terpantau biasa, normal," ungkapnya.

Dia pun menjamin stok sembako dan keperluan menjelang lebaran seperti sirup dan kue aman. Solihin menyebut pihaknya telah mengantisipasi kenaikan selama pelaksanaan PSBB dan jelang puasa saat ini, untuk itu ia telah meningkatkan kuota pemesanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.


Solihin lantas berpesan kepada masyarakat untuk tak panik dan membeli sesuai kebutuhan. Meski tak membatasi pembelian namun dalam keadaan khusus pembatasan dapat dilakukan sesuai dengan kebijakan manajemen gerai terkait.

"Misalnya ada yang mau beli mie instan tiga karton, kan kami tahu itu tidak untuk konsumsi sekali, kalau tidak wajar seperti itu bisa jadi kami batasi untuk menjaga kestabilan stok," katanya.

Keadaan di pasar tradisional pun dilaporkan berjalan normal. Meski tak menjelaskan dengan rinci namun Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita mengatakan pada hari pertama pelaksanaan PSBB, berbagai lokasi pasar di Jakarta dinyatakan dalam kondisi terkendali.

"Masih aman," jawab Amanda singkat.

(Antara, wel/kid)

[Gambas:Video CNN]