Cara Cairkan Saldo Kartu Prakerja di Ovo, LinkAja, Gopay

CNN Indonesia | Rabu, 13/05/2020 09:08 WIB
Pemerintah luncurkan situs resmi Kartu Prakerja, Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020. CNNIndonesia/Safir Makki Pemerintah mengklaim telah mencairkan Rp195,2 miliar dana kartu prakerja. Bagaimana cara mencairkannya lewat Ovo, LinkAja, Gopay, berikut panduannya. Ilustrasi kartu prakerja. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mengklaim insentif program kartu prakerja sebesar Rp195,2 miliar telah cair. Insentif itu mengalir ke uang elektronik (e-money) 360.650 peserta program gelombang pertama dan kedua. Ini artinya, peserta kartu prakerja gelombang pertama dan kedua sudah dapat menggunakan insentif bulan pertama mereka sebesar Rp600 ribu.

Namun bagaimana cara mencairkan dana program kartu prakerja ke dari rekening e-money yang didaftarkan? Berikut panduannya.

Pertama, pastikan peserta telah menyelesaikan pelatihan pertama dan mendapatkan sertifikat pelatihan.


Jika saldo di dashboard akun peserta telah dinyatakan terisi sesuai dengan insentif per bulan, yaitu Rp600 ribu, peserta dapat mengikuti instruksi sesuai dengan ketentuan masing-masing e-money yang digunakan.

LinkAja

Untuk peserta yang menggunakan jasa LinkAja, dana akan otomatis ditransferkan ke nomor e-wallet yang didaftarkan pada tahap registrasi program kartu prakerja. Nyalakan notifikasi aplikasi Anda untuk mendapatkan informasi uang dari aplikasi ponsel.

Insentif masuk dapat langsung digunakan untuk membayar tagihan yang terhubung di aplikasi LinkAja, seperti tagihan listrik, pembelian paket internet, dan keperluan belanja lainnya.

Sementara, untuk mereka yang ingin mencairkan secara tunai dapat melakukan transfer ke rekening bank masing-masing. Caranya, pilih menu 'kirim ulang' pada aplikasi LinkAja dan pilih 'transfer ke rekening bank'. Peserta tinggal mengisi data sesuai bank yang dituju.

Jika bank yang dituju bukan salah satu dari bank pelat merah, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN, maka transaksi akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500.

[Gambas:Video CNN]

OVO

Untuk pelanggan layanan OVO, pencairan hanya dapat dilakukan kepada pemilik akun premier. Untuk melakukan upgrade, peserta harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Caranya, pilih menu upgrade ke OVO Premier dan unggah foto seperti dalam instruksi, yaitu foto diri memegang KTP. Setelah unggah dan dinyatakan berhasil, akun otomatis dinyatakan ter-upgrade.

Untuk transfer ke bank masing-masing, pilih menu transfer, pilih bank yang dituju, dan isi data sesuai rekening bank tersebut. Biaya administrasi sebesar Rp2.500 dikenakan untuk setiap transaksi pengiriman.

Gopay

Bagi peserta yang memilih Gopay sebagai mitra e-wallet harus memastikan akun yang didaftarkan pada tahap registrasi program kartu prakerja merupakan akun Gopay Plus.

Peserta yang belum dinyatakan pelanggan Gopay Plus dapat mengubah status dengan memilih menu 'lainnya' pada aplikasi Gopay dan pilih 'upgrade ke Gopay Plus Gratis'.

Unggahlah foto diri memegang KTP yang cukup jelas untuk diverifikasi. Setelah terverifikasi, peserta dapat mentransferkan insentif ke rekening bank dari saldo Gopay tersebut.

Caranya, pilih menu 'transfer instan ke rekening baru' dan pilih bank tujuan. Masukkan data yang diminta seperti nama, nomor rekening dan jumlah saldo yang ingin dikirim, lalu konfirmasi. Biaya administrasi yang dikenakan ialah Rp2.500 per transaksi.

(wel/bir)