FOTO: Pedagang di China Berjualan Lewat Live Streaming

AP, CNN Indonesia | Kamis, 14/05/2020 12:34 WIB

, CNN Indonesia -- Virus tak membuat pedagang di China kehabisan akal untuk berjualan. Mereka memanfaatkan live streaming untuk menggaet pembeli yang rindu belanja.

Virus corona tak membuat para pedagang kehabisan akal untuk berjualan. Salah satu pilihan yang banyak mereka ambil untuk tetap berjualan dengan melakukan live streaming. (AP Photo/Andy Wong).
Banyak ritel di China mulai 'lari' ke live streaming sebagai saluran berjualan. Dengan live streaming, penjual dapat berinteraksi langsung dengan pembeli secara real time. (AP Photo/Andy Wong).
Salah satu pedagang sepatu di China menunjukkan sepatu yang dijual melalui live streaming. Penjual tersebut siaran langsung dari toko offline di Neiliansheng Footwear Beijing. (AP Photo/Andy Wong)
Beberapa perusahaan e-commerce terbesar di China mulai 'bertaruh' menggunakan pola jualan live streaming. Mereka menggandeng artis atau selebgram untuk promosi produk. (AP Photo/Andy Wong)
Live streaming telah mendatangkan keuntungan baru bagi artis atau selebragm yang sudah ada. Pasalnya, mereka akan mendapat komisi besar jika siaran langsung bisa menarik jutaan pemirsa. (AP Photo/Andy Wong)
Streaming komersial China jauh lebih ramai melampaui Home Shopping yang dipelopori Amerika Serikat. Hanya disiarkan beberapa jam, para pembeli langsung memborong barang yang dipromosikan. (AP Photo/Andy Wong) 
China memiliki pendidikan tentang produk dan cara menggunakannya. Kedua hal ini dibungkus dengan hiburan yang ditayangkan secara langsung melalui media sosial atau aplikasi belanja. (AP Photo/Andy Wong)
Tren ini dinilai bisa menjadi alternatif bagi pengecer yang 'babak belur' di AS dan Eropa karena pandemi corona. (AP Photo/Andy Wong)