Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 07:31 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah membuka gelombang kedua pendaftaran program yang bertujuan memberikan keterampilan untuk kebutuhan industri dan wirausaha itu mulai Senin ini hingga dengan Kamis (23/4/2020) melalui laman resmi www.prakerja.go.id. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. Pemerintah kembali membuka pendaftaran calon peserta program kartu prakerja gelombang 4 pada hari ini, Selasa (26/5). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran program kartu prakerja gelombang 4 dijadwalkan buka mulai hari ini atau tepat setelah perayaan lebaran, Selasa (26/5).

"Gelombang 4 akan dibuka pada 26 Mei, begitu setelah lebaran langsung dibuka," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni P Purbasari, mengutip pernyataannya pekan lalu.

Denni mengatakan pembukaan pendaftaran sebelumnya sempat terganjal oleh sistem yang bermasalah.


Penundaan juga dilakukan karena pemerintah ingin memberikan kesempatan terlebih dulu kepada pekerja yang terdampak virus corona untuk mendaftar di program kartu prakerja.

Karenanya, ia berharap masyarakat bisa bersabar. "Mungkin ada teman-teman yang masih gagal, sabar, ini batch (gelombang) akan dibuka terus sampai November," jelasnya.

Hingga 19 Mei 2020, calon peserta yang mendaftar program kartu prakerja mencapai 10,4 juta orang.

Denny mengatakan bawah jumlah pendaftar program membludak. Sementara, jumlah peserta yang lolos seleksi terpaut jauh lebih sedikit. Ia bahkan menyebut seleksi jadi lebih ketat dengan kemungkinan hanya 1 dari 10 peserta yang diterima.

Saat seleksi batch pertama berlangsung, misalnya, hanya 800 ribu dari 2 juta pendaftar yang lolos tahap seleksi. Sementara, di batch 2 dan 3 jumlah pendaftar membludak, sehingga perbandingan jumlah peserta yang diterima dan pendaftar makin melebar.

"Untuk batch 2 kan yang mendaftar 1,4 juta orang yang diterima hampir 300 ribu. Jadi, sekali lagi dibandingkan yang diterima, masih banyak pendaftar. Karenanya, teman-teman bersabar ini dibuka terus sampai September," tutur Denni.

[Gambas:Video CNN]

(bir)