Dihantam Corona, AirAsia Rumahkan 873 Pegawai

CNN Indonesia | Jumat, 29/05/2020 13:44 WIB
Sejumlah armada pesawat AirAsia terparkir di Apron Terminal 1D Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (5/5/2020). PT AirAsia Indonesia Tbk berencana kembali membuka penerbangan mulai 18 Mei 2020 setelah sebelumnya menutup penerbangan berjadwal sejak 1 April 2020 imbas pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Fauzan/hp. Maskapai AirAsia Indonesia merumahkan 873 karyawan dan melakukan PHK terhadap 9 karena di tengah pandemi virus corona. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) merumahkan 873 karyawan total 1.645 karyawan karena wabah virus corona (covid-19). Bahkan, perusahaan juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 9 karyawannya.

Selain itu, maskapai asal Malaysia itu juga melakukan pemotongan gaji sebesar 50 persen kepada 328 karyawan.

Manajemen perusahaan memprediksi pandemi tersebut membuat pendapatan maskapai merosot 25 persen sampai 50 persen. Imbasnya, laba bersih perseroan juga diperkirakan anjlok hingga 75 persen pada Maret-April 2020.


Kondisi itu bisa terjadi mengingat kontribusi pendapatan operasional yang mencapai 51-75 persen hilang sejak penerbangan di rute domestik dan internasional dihentikan sementara selama tiga bulan.

"Ini berdampak untuk pemenuhan kewajiban pokok dan bunga utang," tulis Manajemen AirAsia dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kemarin (28/5).

Meski demikian, perseroan telah menyusun sejumlah strategi untuk menjaga kelangsungan usaha menahan dampak lebih besar pandemi covid-19.

Pertama, dengan melakukan tindakan mitigasi proaktif yakni dengan mengelola kapasitas penerbangan Maskapai AirAsia sejak awal Februari 2020.

Selain itu, perseroan juga melakukan cash conservation mode yakni melakukan kontrol biaya yang ketat secara internal.

"Seperti pemberhentian sementara untuk memperkerjakan karyawan baru, tidak ada perpanjangan atas sewa pesawat yang akan kedaluwarsa, melakukan negosiasi terhadap lessor Pesawat untuk pengurangan biaya sewa," jelas manajemen.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/sfr)