Jelang New Normal, Mal di DKI Masih Sepi Pengunjung

CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 14:12 WIB
Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta terlihat sepi pada hari kedua Lebaran, Senin (25/5) Sejumlah mal di Jakarta masih membatasi operasionalnya jelang pemberlakuan new normal usai PSBB berakhir.(CNN Indonesia/ Yogi Anugrah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah mal di Jakarta masih membatasi operasionalnya jelang pemberlakuan new normal. Di Jakarta Pusat, misalnya, Mal Grand Indonesia di Jalan MH Thamrin masih sepi dari aktivitas.

Hanya beberapa kategori usaha yang masih buka seperti pasar swalayan untuk kebutuhan pokok serta apotek. Mal beroperasi secara terbatas pukul 11.00 hingga 18.00 dan menerapkan protokol kesehatan yang diimbau pemerintah.

Pengunjung diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke area mal. Corporate Communications Grand Indonesia Annisa Hazarini mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu arahan Pemprov DKI terkait kapan operasional mal dapat kembali normal.


"Kami sebenarnya sudah persiapan untuk buka tanggal 8 Juni, tapi itu tergantung nanti bagaimana arahan dari pemerintah," ucapnya kepada CNNIndonesia.com Rabu (3/6).

Pemandangan serupa juga terlihat di mal Plaza Senayan dan Senayan City. Hampir semua toko di pusat perbelanjaan itu tutup sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan di Jakarta.

Akses masuk ditutup dengan traffic cone dan belasan taksi terlihat mengantre di tepi jalan Asia Afrika karena tak dapat menuju ke pelataran mal. 

Sementara di wilayah Jakarta Selatan,  beberapa mal di kawasan blok M seperti Pasar Raya, Blok M Plaza dan Blok M Square juga tampak masih tutup dan beroperasi terbatas. 

Hanya ada satu toko kopi yang buka dan melayani pesanan untuk dibawa pulang. Pengunjung hanya datang satu dua orang pada pukul 11.30 WIB, beberapa menit setelah mal di buka, beberapa di antaranya adalah driver ojek online yang melayani jasa pesan antar makanan.

Sisanya, aktivitas mal ini hanya terlihat di basement lantai 2 yakni ACE Hardware, ritel modern yang menyediakan berbagai perkakas rumah tangga. Sebelum masuk, dua orang petugas keamanan akan mengecek suhu tubuh pengunjung menggunakan thermal scanner. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, beberapa mal memang bersiap untuk kembali beroperasi secara normal. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian kapan mal akan dibuka kendati sosialisasi new normal sudah dilakukan kepada pengelola mal pada Senin, dua hari lalu (1/6).

"Ada sosialisasi di kantor walikota Jakarta Selatan, itu soal protokol new normal. Tapi kapan bukanya kami tunggu saja pemerintah," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(hrf/age)