Menyelamatkan Ekonomi Indonesia Melalui Penerapan New Normal

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2020 00:00 WIB
adv maybank
Jakarta, CNN Indonesia --

Tatanan kehidupan baru atau new normal menjadi wacana yang digulirkan pemerintah untuk memulihkan produktivitas masyarakat dan membuat kondisi perekonomian kembali bergairah. New normal merupakan salah satu opsi untuk menjadi tonggak kebangkitan ekonomi Indonesia.

Persiapan jelang new normal ditandai dengan keluarnya Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/335/2020 tentang Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik) dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha. Dalam SE tersebut, diatur protokol  kesehatan bagi pengelola tempat kerja, pelaku usaha, serta pekerja. Dokumen tersebut menjadi acuan bagi sektor usaha saat kembali menjalankan bisnis dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru.

New normal ditempuh pemerintah untuk menyelamatkan kondisi perekonomian negara, serta menekan risiko PHK karyawan oleh pelaku industri.

Opsi new normal yang kemungkinan besar akan dipilih Pemerintah RI diprediksi dapat menyelamatkan kondisi perekonomian nasional. Selama masa pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat anjlok, meskipun pada kuartal I 2020 pertumbuhan ekonomi masih positif di level 2,97%.

Pemerintah menargetkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tetap positif pada kuartal II dan kuartal III 2020 di ambang 2,3%-2,5%. Penerapan new normal diharapkan dapat menyokong pertumbuhan ekonomi tersebut. Dengan beroperasinya sektor industri, perekonomian dapat bergeliat kembali dan mengatrol pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah juga tetap mendorong agar proyek strategis nasional (PSN) dapat tetap berjalan. Sejumlah PSN dengan nilai lebih dari 1.400 triliun diproyeksi dapat membuka 3,5 juta hingga 4 juta lapangan pekerjaan sepanjang empat sampai lima tahun ke depan.

Melalui new normal, pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk mengembalikan kondisi perekonomian dan sosial masyarakat. Namun, di sisi lain semua pihak diharapkan tetap berupaya menghentikan penyebaran virus Corona.

Saat ini, angka pasien COVID-19 di Indonesia masih menunjukkan peningkatan. Tercatat sudah lebih 30 ribu orang yang terinfeksi virus Corona hingga Juni 2020. Dalam kondisi saat ini,tenaga medis harus bekerja keras menangani para pasien. Oleh sebab itu, bantuan seperti APD, masker, dan peralatan medis lainnya masih sangat diperlukan agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal dan terhindar dari penularan virus Corona.

Pun halnya dengan sejumlah orang yang kehilangan pekerjaan dan sulit mendapatkan pemasukan. Mereka membutuhkan uluran tangan masyarakat buat meringankan beban perekonomian, seperti bantuan makanan hingga uang tunai.

Kebangkitan Indonesia pasca dihantam gelombang pandemi tidak hanya bergantung pada kebijakan pemerintah. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dengan saling membantu untuk sama-sama bangkit dari keterpurukan. Kamu dapat mewujudkan rasa empati dan solidaritas kepada sesama dengan berdonasi melalui program #CareforYouandMe yang diselenggarakan PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

adv maybank

Untuk berdonasi, cukup dengan melakukan scan QR di atas dan transfer nominal bantuan melalui fitur Maybank QR Pay yang terdapat dalam M2U ID App atau aplikasi digital wallet yang mendukung QRIS payment tersebut, seperti OVO, Gopay, DANA, M2U,Sakuku, LinkAja, dan lain-lain.

Penyaluran donasi juga dapat dilakukan melalui transfer ke Maybank (016), nomor rekening 2003552059 a/n Maybank Heart dari Bank manapun. Maybank juga telah menyediakan pilihan khusus donasi COVID-19 pada mobile banking M2U ID App. Informasi  lebih lanjut terkait Langkah-langkah berdonasi dapat dilihat di sini.


(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK