Alasan Uang Koin Rp1.000 Sawit Dijual hingga Ratusan Juta

CNN Indonesia | Jumat, 19/06/2020 08:00 WIB
Petugas menghitung uang koin di Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 26 Januari 2016. Clean Money Policy Bank Indonesia diterapkan agar masyarakat nyaman dalam bertransaksi dengan menggunakan rupiah yang berkualitas baik. CNN Indonesia/Safir Makki Uang dapat diperjualbelikan untuk kepentingan koleksi dan mahar pernikahan. (safir makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Uang koin pecahan Rp1.000 berlambang kelapa sawit beberapa waktu terakhir menjadi sorotan karena harga jualnya yang melambung hingga Rp100 juta.

Jual beli uang sendiri bukan sesuatu yang baru. Selama ini, uang diperdagangkan untuk berbagai kepentingan, salah satunya koleksi. Tak ayal, harganya bisa melonjak jauh di atas nilai nominalnya.

"Banyak orang yang cari untuk koleksi atau sebagai bahan mahar," ujar penjual uang koin di marketplace Shopee dengan akun @annasfadloli kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/6).


Pedagang yang berdomisili di Ponorogo, Jawa Timur ini menjual uang koin kelapa sawit sejak 2015. Ia menawarkan harga mulai dari Rp2.100 per keping untuk uang koin kelapa sawit yang memiliki cacat, seperti bolong dan berkarat.

Sementara uang koin kelapa sawit yang sudah dibersihkan dibanderol dengan harga Rp3.600 per keping. Dari harga yang ditawarkan ini, setidaknya sudah ada 2.400 keping koin yang terjual dan masih memiliki stok sekitar 101 keping.

Menurutnya, banyak pembelinya yang memiliki ketertarikan kepada koin itu untuk sekadar memenuhi hasrat koleksi barang-barang lama. Namun memang, sambungnya, uang koin kelapa sawit ini tiba-tiba mendadak viral karena harganya yang 'tak masuk akal'.

"Sering banget viral begini, tapi kalau orang tahu, harga pasarannya sebenarnya ya cuma Rp2.000 sampai Rp3.000 saja. Jadi yang viral sampai jutaan itu hanya hoaks (kabar bohong) saja," katanya.

Menurut dia, sebenarnya harga rata-rata uang koin dengan ukuran 26 milimeter (mm) dengan tebal 2 mm, dan berat 8,6 gram ini berkisar Rp2.000 sampai Rp5.000 per keping. Pada kisaran tersebut, banyak koin yang sudah laku terjual.

Senada, salah satu pedagang koin keluaran Bank Indonesia (BI) itu, blue_shark88 yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah menyebut alasan dijualnya koin bernilai tukar Rp1.000 itu adalah usianya yang terbilang tua.

Dalam deskripsi produk yang dipasarkan di marketplace Shopee ini tertulis bahwa uang koin ini merupakan hasil produksi era 1996 atau sudah berusia sekitar 24 tahun.

Sementara di Bukalapak, uang koin kelapa sawit ini termahal dijual di kisaran Rp5 juta per keping. Salah satunya dijual oleh pelapak bernama Agus Yayan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Pelapak menuliskan barang yang dijualnya merupakan uang kuno.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK