FOTO: Bayang-bayang Resesi Ekonomi di Indonesia

Adhi Wicaksono, Safir Makki, CNN Indonesia | Kamis, 25/06/2020 07:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia terancam masuk ke jurang resesi ekonomi pada 2020. Ancaman datang dari pandemi corona yang menekan hampir semua sektor usaha.

Warga beristirahat di trotoar jalan Kawasan Cempaka putih. Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.  Sebagai dampak dari penurunan pertumbuhan ekonomi pada 2020 ini yang diproyeksikan sebesar -0,4 persen sampai 1 persen, kesejahteraan rakyat juga akan terdampak, di mana data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenasj umlah penduduk miskin diprediksi akan bertambah sebanyak 3,2 juta hingga 5,71 juta orang. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Pekerja Bangunan menunggu konsumen dikawasan Pulomas. Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. Para pekerja bangunan ini mengaku pendapatannya berkurang drastis semenjak virus corona menyebar, semenjak Lebaran Idul Fitri hingga kini belum ada proyek atau rumah yang membutuhkan jasa buruh bangunan. Warga cenderung menjaga keuangan ditengah pandemi. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Aktivitas industri roti rumahan dikawasan Kebon Nanas, Jakarta. Rabu, 24 Juni 2020. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga dan Kementerian UMKM, wabah virus Corona memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan UMKM. Sebanyak 47 persen usaha mikro. kecil, dan menengah (UMKM) harus gulung tikar karena terdampak pendemi virus corona Covid-19. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Perajin memproduksi kerajinan peralatan rumah tangga di sentra industri logam, Cawang, Jakarta. Rabu, 24 Juni 2020. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga dan Kementerian UMKM, wabah virus Corona memberikan dampak besar terhadap keberlangsungan UMKM. Sebanyak 47 persen usaha mikro. kecil, dan menengah (UMKM) harus gulung tikar karena terdampak pendemi virus corona Covid-19. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Pedagang beristirahat di salah satu pasar tradisional Jakarta, rabu, 24 Juni 2020.  Sejumlah pedagang mengeluhkan rendahnya penjualan akibat banyak warga yang sungkan ke pasar tradisional pasca ditemukannya sejumlah pedagag yang postif terkena virus corona.  Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat lebih dari 500 pedagang pada 13.450 pasar tradisional di Indonesia dinyatakan positif corona. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Seorang warga duduk di dekat mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas Blok M. Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. Angka permintaan mobil bekas yang merosot salah satu di antaranya disebabkan oleh perilaku konsumen yang cenderung menahan pengeluaran di tengah pandemi. Penurunan permintaan mobil bekas saat ini turun hingga 60 - 90 persen dari situasi normal, akibatnya harga mobil bekas terjun bebas atau turun drastis. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Aktivitas jasa pengiriman barang di Stasiun Senen. Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. Meski pengguna jasa pengiriman barang langsung ke konsumen melonjak tajam selama masa Pandemi virus corona atau Covid-19. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik (Asperindo) menyatakan perusahaan perusahan jasa pengiriman yang memiliki pelanggan swasta serta pemerintah mengeluhkan terjadinya penurunan. Perusahaan yang basis customernya pemerintah, swasta, B to b (Business to Business) dan G to g (Government to Government), kini memang mengalami kesulitan. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Pekerja menyelesaikan proyek LRT di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. Bila laju perekonomian mencapai minus, maka sudah dapat dipastikan Indonesia mengalami resesi ekonomi. CNNIndonesia/Safir Makki
Teknisi mengganti sambungan listrik saluran listrik udara (sutet) di kawasan Kalimalang, Bekasi, Rabu, 24 Juni 2020. Resesi ekonomi Indonesia apabila pertumbuhan ekonomi nasional kuartal III 2020 negatif, menyusul kuartal II. CNNIndonesia/Safir Makki
Iklan Layanan masyarakat terkait pandemi corona. Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.  Sebagai dampak dari penurunan pertumbuhan ekonomi pada 2020 ini yang diproyeksikan sebesar -0,4 persen sampai 1 persen, kesejahteraan rakyat juga akan terdampak, di mana data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenasj umlah penduduk miskin diprediksi akan bertambah sebanyak 3,2 juta hingga 5,71 juta orang. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.