Bank Bukopin Benarkan Batasi Penarikan Dana Nasabah

CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 10:27 WIB
lustrasi Bank Bukopin. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Manajemen Bank Bukopin membenarkan pembatasan penarikan dana oleh nasabah. Namun, kondisi ini disebut situasional. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajemen PT Bank Bukopin Tbk menjelaskan perihal kebijakan pembatasan penarikan dana nasabah di sejumlah cabang. Sekretaris Perusahaan Meliawati mengatakan pembatasan penarikan dana berlaku dalam kondisi situasional agar bank dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah.

"Hal ini menjadi penyesuaian yang perlu dilakukan dan pejabat bank tetap memberikan penjelasan kepada nasabah sebagaimana standar pelayanan operasional perseroan," ujarnya dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (30/6).

Ia menyatakan perseroan bersama dengan KB Kookmin Bank sedang dalam proses penambahan modal oleh pemegang saham utama. Seperti diketahui, KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.


Untuk melancarkan aksi korporasi itu, Kookmin Bank telah menempatkan dana ke rekening penampungan (escrow account) sebesar US$200 juta atau Rp2,8 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS).

Salah satu bank terbesar di Korea Selatan itu meningkatkan porsi kepemilikan atas saham Bank Bukopin dari 21,99 persen menjadi 51 persen.

"Proses tersebut saat ini dalam kajian final oleh regulator, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan," imbuhnya.

Selain itu, lanjut dia, perseroan mengupayakan alternatif strategis untuk memperkuat kondisi bank dalam mengatasi dampak pandemi covid-19.

Meliputi, pendampingan oleh bank pemerintah dalam bentuk Technical Assistance (TA), perluasan money market line (fasilitas pasar uang) antar bank, program promosi simpanan dana nasabah dengan pilihan jangka waktu tertentu, dan sebagainya.

Pernyataan perseroan tersebut menanggapi kabar pembatasan penarikan dana nasabah di sejumlah cabang. Beberapa nasabah Bank Bukopin mengeluhkan kesulitan mencairkan dana mereka di media sosial, Twitter.

Salah satunya, pemilik akun @heyakumada mengaku kesulitan mengambil uang dari ATM, sehingga terpaksa mendatangi langsung kantor cabang.

"aku dom (domisili) klaten, tapi ambilnya di solo maks 3-5 jt," tulisnya.

Kondisi serupa dialami oleh nasabah Bank Bukopin asal Riau, @andriandjaya_. Ia mengaku tak bisa mengambil uang dari ATM Bank Bukopin.

"Kami di kep riau jg tdk bisa narik di atm2 bukopin," tulisnya.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)