Redam Keresahan Nasabah Bukopin, Bos Kookmin Bank Sambangi RI

CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 18:10 WIB
lustrasi Bank Bukopin. CNN Indonesia/Bisma Septalisma Perwakilan manajemen KB Kookmin Bank datang ke Indonesia untuk menunjukkan keseriusan menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perwakilan manajemen KB Kookmin Bank menggelar pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta pada Rabu (1/7) kemarin. Salah satu perwakilan yang hadir adalah Chang Su Choi selaku Managing Director KB Kookmin Bank sekaligus Komisaris PT Bank Bukopin Tbk yang datang langsung dari Korea Selatan.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono mengungkapkan kedatangan manajemen KB Kookmin Bank merupakan salah satu bukti keseriusan perusahaan untuk memperbaiki kinerja keuangan serta meyakinkan nasabah di tengah isu penarikan dana besar-besaran nasabah (rush money).

Seperti diketahui, KB Kookmin Bank dipastikan akan menjadi pemegang saham pengendali (PSP) setelah Bank Bukopin melakukan penawaran umum terbatas kelima (PUT V) melalui penerbitan saham baru dan penawaran hak pemegang efek terlebih dahulu (HPETD) dengan harga pelaksanaan Rp180 per saham.


Sesuai dengan draft publikasi yang akan diterbitkan Kamis, 2 Juli 2020, KB Kookmin Bank menjadi satu-satunya Pembeli Siaga yang akan menyerap sisa saham baru yang tidak diserap pemegang saham lainnya. Diperkirakan, KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan saham mencapai 37,6 persen.

"Saya sampai kan kepada nasabah, ini lah keseriusan Kookmin yang hadir dalam pertemuan ini. Dan menyatakan kami lah pemegang saham pengendali," ucapnya di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Kamis (2/7).

Selepas melakukan pertemuan dengan OJK, manajemen KB Kookmin Bank  melakukan kunjungan ke BRI dalam rangka courtesy visit berkenaan dengan
pendampingan (technical assistance) yang diberikan BRI kepada Bank Bukopin.

Pada pertemuan hari ini Bukopin resmi memperkenalkan KB Kookmin Bank sebagai calon Pemegang Saham Pengendali kepada para nasabahnya.

[Gambas:Video CNN]

Ke depan, lanjut Rivan, KB Kookmin Bank akan terus melanjutkan proses penambahan kepemilikan sahamnya hingga menjadi pemilik mayoritas Bank Bukopin melalui mekanisme yang sedang dibahas dengan regulator.

"Ini adalah proses yang kami lakukan dengan melepas 4,6 miliar. Memang dipertanyakan nanti komposisi sahamnya seperti apa. Tapi dengan berbagai exercises dengan berbagai kemungkinan, yang dipastikan menjadi pemegang saham pengendali adalah KB Kookmin Bank," tandasnya.

(hrf/sfr)