Transaksi Online Bank BUMN Melesat selama Pandemi Corona

CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 08:43 WIB
Shot of an unrecognizable businessman in the city Transaksi online perbankan meningkat selama pandemi virus corona karena pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Ilustrasi. (Istockphoto/LumiNola).
Jakarta, CNN Indonesia --

Transaksi berbasis daring (onlinebank BUMN melesat selama pandemi virus corona. Pasalnya, masyarakat membatasi kegiatan di luar rumah untuk mencegah penyebaran wabah.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyebut transaksi berbasis daring (online) selama 3 bulan terakhir melambung sampai 1.200 persen atau naik 12 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

"Tren transaksi berbasis mobile banking naiknya sampai lebih dari 1.200 persen year on year. 12 kali dari tahun lalu di kuartal kedua," ungkapnya pada diskusi online Indonesia Brand Forum beberapa waktu lalu.


Ia menyebut transisi transaksi dari tatap muka menjadi daring didukung oleh budaya stay at home (beraktivitas dari rumah). Meski transformasi teknologi sebetulnya telah digalakkan sejak 2018, namun Handayani mengaku baru melihat lonjakan konversi selama pandemi virus corona.

Perusahaan mencatat setiap minggunya ada 20 ribu pengguna baru yang mengunduh aplikasi BRI. Sementara dari angka tersebut, yang membuka rekening secara daring berkisar antara 15 hingga 20 persen atau 3.000-4.000 orang.

"Dalam seminggu itu kami bisa dapat 20 ribuan orang yang download (unduh) aplikasi kami, kemudian mereka melakukan transaksi, conversion rate (tingkat konversi) sampai buka rekening itu sekitar 15-20 persen," lanjutnya.

Kondisi serupa juga dialami oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengungkapkan transaksi Mandiri Online periode Januari-Mei 2020 meningkat di atas 50 persen menjadi lebih dari 200 juta transaksi jika dibandingkan periode sama 2019.

"Jumlah user (pengguna) aktif pun meningkat tajam hingga 50 persen menjadi 5 juta user," katanya secara terpisah.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK